nama:
kata kunci:

Visitor(s): 930330
Online(s): 12
Last Update: 19 December 2014










  »  Hari Bela Negara atau HBN adalah hari bersejarah Indonesia yang jatuh pada tanggal 19 Desember untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada tahun 19 Desember 1948   »  LOMBA UKM   »  VISIT BUKITTINGGI 2014
Home » Berita » BKB Kemuning Dinilai Tim Provinsi

BKB Kemuning Dinilai Tim Provinsi

Tanggal : 06 May 2013
Bukittinggi, Humas ABTB
Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh ( ABTB ) kembali menoreh prestasi ditingkat Provinsi Sumatera Barat. Kali ini penghargaan tersebut dipersembahkan oleh kelompok Bina Keluarga Balita ( BKB ) Kemuning kelurahan Aur Kuning. Sebagai wakil dari kota Bukittinggi, Sicyllia Mala Eka Asmara,SE yang akrab dipanggil Ongga ini, salah satu dari lima orang kader BKB Kemuning menyampaikan eksposenya dihadapan Tim penilai, Rabu lalu di Padang. Setelah melalui seleksi dan penilaian oleh Tim, ternyata BKB Kemuning utusan Bukittinggi berhasil meraih posisi lima besar tingkat Provinsi. Menindak lanjuti ekspose yang telah disampaikan sehingga menempati posisi tersebut, Jum’at ( 3/5 ) Tim penilai Provinsi melakukan cross chek ke lapangan dengan meninjau langsung keberadaan dan aktifitas kelompok pembinaan anak balita ini.
Acara tersebut dihadiri Wakil Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Ny.Dr.Hj.Rahmi Harma Zaldi,Sp.A, ketua Dharmawanita Ny.Hj.Is Yuen Karnova, Pembina BKB kota dan kecamatan, ketua TP PKK kecamatan dan kelurahan, lurah dan para kader.



Sementara Tim penilai dari Provinsi tersebut dipimpin oleh Ny.Afrida Muslim dari tim penggerak PKK Provinsi Sumbar, beranggotakan Metra,SKM dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Dra.Nurbaiti Djabang,M.Si dan Dwi Osfiza.M,S.Psi dari BKKBN Provinsi Sumbar.
Dr.Hj.Rahmi Harma Zaldi,Sp.A yang juga ketua Forum Pemerhati Anak kota Bukittinggi ini mengatakan, keberadaan kelompok BKB merupakan potensi yang perlu dikembangkan. Karena melalui aktifitas kelompok sosial kemasyarakatan di bidang kesehatan dan pendidikan ini, akan lebih cepat dan mudah terpantau tingkat tumbuh kembang anak balita dengan cara asih, asah dan asuh sesuai tingkat perkembangan umur 0 sampai 5 tahun secara optimal. “Dengan keberhasilan BKB Kemuning ini, hendaknya berdampak pula pada kelompok-kelompok BKB yang ada di Bukittinggi. Karena dengan adanya penilaian ini, Tim tentu akan memberikan masukan untuk kemajuan BKB kita kedepannya”, tambah Rahmi.
Ketua Tim Ny.Afrida beserta anggota pada kesempatan tersebut selain melihat kelengkapan administrasi sebagai pendukung kegiatan, juga mengingatkan kepada para kader bahwa yang terpenting dalam program BKB ini adalah dampak yang dirasakan oleh masyarakat. “Bagaimana 110 orang Ibu sasaran yang ada di BKB Kemuning ini, dapat mengikuti penyuluhan secara kontiniu sesuai kelompok umur anaknya. Sehingga setiap tahap dari tujuh aspek perkembangan yang harus dicapai masing-masing anak sesuai kelompok umurnya dapat dicapai. Kalau pun belum, ibu sasaran bisa melakukan rangsangan untuk mencapai apa yang seharusnya dilakukan si anak”, tambah Afrida.
Disebutkan, bila ditemukan perkembangan anak yang tidak sesuai dengan harapan, Ibu-ibu kader agar berkoordinasi dengan petugas kesehatan. “Sedangkan dalam melakukan penyuluhan BKB, harus diiringi dengan contoh gerakan dan Alat Permainan Edukatif ( APE ) yang digunakan disesuaikan dengan tingkat umur dan perkembangan yang harus dicapai si anak. Sementara frekuensi pertemuan BKB ini, sebaiknya dilakukan lebih dari sekali setiap bulannya, karena perubahan pada tumbuh kembang anak terjadi setiap saat”, ujar Afrida mengingatkan. (abtb/kominfo)

533 kali dibaca : Lihat Indeks Berita

Berita Lainnya ...

PEMERINTAH KOTA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT
Copyright © 2008 - 2010 Allright reserved.
Jln. Kesuma Bhakti No. 1, Bukit Gulai Bancah
Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi
Sumatera Barat - Indonesia - Kode Pos : 26122