nama:
kata kunci:

Visitor(s): 929442
Online(s): 12
Last Update: 17 December 2014










  »  LOMBA UKM   »  VISIT BUKITTINGGI 2014
Home » Berita » PENGURUS DDS TERBENTUK, PROGRAM DISERAGAMKAN

PENGURUS DDS TERBENTUK, PROGRAM DISERAGAMKAN

Tanggal : 10 January 2013
Bukittinggi, Humas ABTB
Penyelenggaraan Didikan Subuh setiap Minggu pagi pada Mesjid dan mushalla di kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh ( ABTB ) memasuki tahun 2013 ini mulai diseragamkan dengan mengacu pada program yang disepakati bersama oleh guru TPA/MDA se Kecamatan ABTB pada pertemuan yang digelar di aula kantor camat ABTB, Selasa lalu bersama camat, kepala KUA ABTB Syarifuddin,S.Ag, pengurus Mesjid dan Mushalla.
Camat ABTB Rismal Hadi,S.STP.M.Si menyebutkan, dengan menyamakan materi yang disampaikan pada setiap kegiatan Didikan Subuh ( DDS ) akan jelas terlihat target yang hendak dicapai. Disamping mengacu juga pada materi yang dilombakan oleh Lembaga Didikan Subuh ( LDS ) tingkat kota secara berjenjang setiap tahunnya. “Dari awal anak mengikuti DDS sampai menamatkan pendidikan di TPA/MDA masing-masing, maka mereka akan mendapatkan ilmu yang sama sesuai materi yang telah diprogramkan. Para guru pun punya acuan dan panduan yang sama dalam proses belajar mengajar”, ujar Rismal Hadi.
Kegiatan yang disepakati meliputi, shalat subuh berjamaah, materi inti berupa praktek ibadah, keterampilan ceramah, 34 macam hafalan surat pendek. Untuk ayat panjang ditetapkan surat Al-Baqarah ayai 1 sampai 60 dimana dua ayat setiap dua kali pertemuan disetorkan oleh masing-masing anak kepada guru pembina. Sedangkan untuk do’a sehari-hari dalam jangka waktu 6 bulan 12 do’a hafal oleh anak dari 17 macam yang diprogramkan. Disamping pengetahuan agama juga diberikan hiburan melalui kesenian rebana, nasyid dan puisi. “Satu kali dalam satu bulan juga direncanakan shalat dhuha berjamaah selesai materi inti. Sementara untuk refreshing dan penyegaran setiap bulan direncanakan pula kegiatan jalan-jalan pagi, tarik tambang dan senam pagi”, jelas Syarifuddin,S.Ag.
Pada kesempatan tersebut juga dibentuk susunan pengurus LDS kecamatan ABTB yang diketuai Alizarman,S.Hi Malin Mudo, sekretaris dijabat oleh Defitron Zikrullah,S.Hi dan bendahara dipercayakan pada Yuli Nelmira. Kepengurusan dilengkapi dengan seksi Da’wah, seksi pendidikan & kesenian, seksi humas dan seksi konsumsi. (abtb/kominfo)

510 kali dibaca : Lihat Indeks Berita

Berita Lainnya ...

PEMERINTAH KOTA BUKITTINGGI SUMATERA BARAT
Copyright © 2008 - 2010 Allright reserved.
Jln. Kesuma Bhakti No. 1, Bukit Gulai Bancah
Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi
Sumatera Barat - Indonesia - Kode Pos : 26122