Berita Kota Bukittinggi

Walikota Sambut Kunjungan Ratusan peserta Forum Kantor Urusan Internasional




Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias didampingi Sekretaris Daerah Yuen Karnova menerima kunjungan  pesera Forum Kantor Urusan Internasional (KUI) 2018 yang berasal dari 30 perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia dalam jamuan makan malam di rumah dinas walikota Belakang Balok Bukittinggi, Jum’at malam (13/7).

Terlihat hadir asisten dan sejumlah Kepala SKPD serta Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, sementara dari forum KUI disamping dihadiri oleh lebih kurang 200 peserta dari 30 Perguruan Tinggi juga hadir Kepala Sub Direktorat Kerjasama Perguruan Tinggi Kemenristek Dikti Purwanto Subroto, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Unand Edry Martius, Associate Vice President of International Affairs Indiana Susan Buck Sutton, Chief Executive Officer Sampoerna American College Lauren E Clark, Chief of Party USAID Prestasi Randall Martin.

KUI merupakan salah satu unit penting di Perguruan Tinggi yang diharapkan mampu mempercepat terwujudnya internationalisasi Perguruan Tinggi. KUI se Indonesia mewadahkan diri ke dalam suatu forum yang bertemu setiap tahun dan tempat penyelenggaraan dilakukan secara bergantian sesuai usulan dan kesepakatan anggota. Dimana Forum KUI Tahun 2018 sebagai tuan rumahnya adalah Universitas Andalas yang dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 14 Juli 2018.

Walikota Ramlan menyambut baik kunjungan dari peserta Forum Kantor Urusan Internasional yang merupakan perwakilan dari beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Indoneisa dan bahkan dari luar negeri. Ramlan juga menyampaikan informasi tentang Kota Bukittinggi baik sejarah, capaian – capaian program pembangunan yang telah dilaksanakan dan yang sedang serta akan dilaksanakan sesuai dengan visi dan misi pemerintah kota. Disamping itu walikota Ramlan juga berharap peserta KUI akan datang lagi ke kota Bukittinggi dalam suasana yang lain tentunya.

“Suatu kehormatan bagi Kota Bukittinggi dikunjungi oleh ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, untuk itu kami mengucapkan selamat datang dan selamat menikmati kuliner dan keindahan Kota Wisata Bukittinggi dangan alam dan udara yang sejuk serta berharap untuk datang kembali dengan suasana yang lain”, ujarnya.

Kepala Sub Direktorat Kerjasama Perguruan Tinggi Kemenristek Dikti Purwanto Subroto juga mengungkapkan kebanggaannya dapat disambut oleh Walikota Bukitinggi bersama jajaran dan dapat memperkenalkan dan mempromosikan daerah yang dikunjungi ke peserta dari berbagai perguruan tinggi.

“Kemenristek Dikti selaku yang memfasilitasi forum KUI berfungsi sebagai tempat bertukar fikiran dalam mempercepat terwujudunya kerjasama Perguruan Tinggi dalam negeri dan luar negeri serta mewujudkan internasionalisasi perguruan tinggi sangatlah merasa bangga dapat bertemu walikota, mudah – mudahan kedatangan kami juga bisa memperkenalkan Sumatera Barat khususnya Bukittinggi ke teman – teman yang lain, mudah – mudahan malam ini akan selalu dikenang”, ungkapnya.

Sementara itu Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Layanan Internasional Universitas Andalas Vonny mengatakan bahwa selama pelaksanaan workshop di Bukittinggi telah membicarakan isu-isu yang berhubungan dengan kerjasama internasional, yang pertama issues and innovations in managing research and collaborations, kedua issues and innovations mobillity programs dan yang ketiga tentang issues and innovations in managing partnership collaboration

“Kita inginkan dari hasil whorkshop ini dapat memberikan rekomendasi kepada Dikti apa yang bisa dilakukan nanti kedepannya untuk membantu Kantor Urusan Internasional bisa mengembangkan kerjasama Perguruan Tinggi di Indonesia dan Perguruan Tinggi mitra di luar negeri dalam bidang research, dalam bidang mobility programs pertukaran student dan staf dan partnership collaborations”, ungkapnya.

Para tamu disajikan penampilan seni budaya berupa Tari Piring di Atas Kaca yang dibawakan oleh sanggar seni Gastarana dan membuat para hadirin terkesima kemudian acara diakhiri dengan saling tukar cendramata. (Ylm)

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI