Berita Kota Bukittinggi

Walikota Ramlan Canangkan Gernas Baku, Meningkatkan Minat Baca Anak Melalui Pembiasaan di Rumah




Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias bertempat di pelataran Taman Jam Gadang dihadapan ribuan murid PAUD se-Kota Bukittinggi secara resmi mencanangkan  Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) tingkat Kota Bukittinggi yang ditandai dengan melepas ribuan balon warna – warni ke angkasa, Senin (7/5).

Program nasional Gernas Baku yang bertujuan untuk membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak serta menumbuhkan minat baca anak sejak dini ini dihadiri oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias,  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Melfi, Bunda PAUD Kota Bukittnggi Yesi Ramlan, Ketua DW Persatuan, guru serta ribuan murid Paud se-Kota Bukittinggi dan orang tua murid.

Kadisdikbud Kota Bukittinggi Melfi menyampaikan bahwa Gernas Baku merupakan program pemerintah dimana secara nasional telah dicanangkan pada tanggal 5 Mei 2018.

“Gernas Baku ini merupakan bagian dari kegiatan Gebyar Pendidikan yang baru saja dilakukan, dimana diantara kegiatan tersebut antara lain senam massal, lomba menyanyi, lomba panitahan, lomba kreasi pelajar, olahraga tradisonal serta Bukittinggi Fashion Carnival yang puncaknya upacara Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei yang lalu,  dan hari ini pencanangan Gernas Baku yang bertujuan untuk mendekatkan orang tua dengan anak dan agar menumbuhkan minat baca anak sejak dini”, ujarnya.

Melfi juga menyampaikan bahwa dengan Gernas Baku ini akan mendekatkan jiwa maupun emosi anak – anak secara psikologis dan sekaligus membiasakan orang tua dan murid tentang budaya literasi yang perlu dilestarikan sehingga ditengah kemajuan teknologi saat ini diharapkan generasi muda tetap gemar membaca buku,  jelasnya.    

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dalam sambutannya mengatakan bahwa Gernas Baku ini merupakan gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, disatuan pendidikan Paud dan di masyarakat.

“Yang akan dibacakan kepada anak, bukan hanya tentang huruf dan kata nya, namun makna dari apa yang dibacakan. Tujuannya supaya anak kita paham apa yang kita bacakan. Untuk itu kepada orang tua dihimbau agar membacakan buku kepada anak menjadikan sebuah kewajiban”, himbau Ramlan.

Ditambahkan walikota bahwa dengan Gernas Baku tentu akan lebih meningkatkan hubungan emosional orang tua dengan anak, sehingga terbentuk karakter dari sang anak yang pintar secara intelektual dan baik secara spiritual serta moralnya, disamping itu Ramlan juga meminta agar  mengenalkan anak dengan lingkungannya, dan ini penting agar anak memiliki keseimbangan antara otak kiri dan otak kanan mereka, disamping itu kepada Dinas Pendidikan dan Paud juga diminta agar menyiapkan pojok baca agar anak ada keinginan untuk membaca, kegiatan ini agar dilaksanakan setiap tahunnya dan berikan kebahagiaan kepada mereka,  tambahnya.

Pencanangan ditandai dengan melepas ribuan balon ke langit Jam Gadang, setelah itu Walikota memasangkan selempang kepada Duta Gernas Baku dari perwakilan sekolah Paud dan acara diakhiri dengan Walikota Ramlan yang didampingi oleh bunda Paud Yesi Ramlan bercerita dihadapan ribuan murid Paud tentang kesederhanaan Proklamator Bung Hatta. (Ylm)

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI