Berita Kota Bukittinggi

Walikota Ramlan Apresiasi Satlantas Goro Bekas Galian Pipa PDAM




Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, SH atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bukittinggi yang mengerjakan pengecoran jalan berlobang di beberapa lokasi di Jalan Sudirman Bukittinggi.

“atas nama pemerintah daerah kita mengucapkan terima kasih kepada jajaran Satlantas Polres Bukittiggi yang telah melakukan pengecoran jalan berlobang akibat penggalian pipa PDAM. Kita dari Pemerintah Daerah juga telah melakukan penimbunan dibeberapa titik yang rawan kecelakaan, tapi mengerjakan secara utuh kita juga tidak boleh karena kegiatan ini tidak dianggarkan pada APBD”, ujar Walikota Ramlan yang hadir saat menyaksikan goro pengecoran jalan berlobang di Simpang Kangkung, Kamis (8/3)

Ramlan menjelaskan bahwa kegiatan penggalian pipa PDAM ini merupakan kegiatan yang menggunakan dana APBN, kita Pemda Bukittinggi hanya pengguna. Sementara  itu dipihak kepolisisan ada namanya tindakan Diskresi, dimana yang merupakan kewenangan Polri berdasarkan penilaian anggota dilapangan dalam keadaan mendesak untuk kepentingan publik agar tidak terjadinya kecelakaan.

Walikota juga mengatakan bahwa kondisi hal ini telah dilaporkan ke Balai Air di Jakarta dan juga secara tertulis ke Gubernur Propinsi Sumatera Barat dan karena tahun ini juga ada pembangunan embung oleh Pemerintah pusat yang juga akan melakukan pengalian pipa untuk itu kita minta agar berkoordinasi dengan pemerintah kota, tambah Ramlan.

Sementara itu Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana mengatakan bahwa sesuai dengan data yang ada banyaknya terjadi laka lantas di Bukittinggi akhir – akhir ini diakibatkan oleh adanya jalan berlobang akibat penggalian pipa PDAM khususnya pada posisi yang membelah jalan yang sering menimbukan komplain oleh masyarakat.

“akhir – akhir ini banyak pengaduan oleh masyarakat karena sering terjadinya laka lantas, untuk itu kita ambil inisiatif tindakan diskresi lantas demi keselamatan pengguna jalan. Diskresi ini adalah kewenangan kepolisian dan juga demi kepentingan masyarakat umum dan juga keselamatan petugas”, ujarnya.

Sedangkan menyangkut anggaran disebutkan bahwa tidak ada anggaran khusus tetapi dengan swadaya dari jajaran satlantas dan anggota polres lainnya, demi kepentingan publik yang penting tidak terjadi laka lantas, tambahnya.

 Pada saat melakukan pengecoran tersebut petugas Satlantas juga terlihat dibantu oleh bebrapa orang petugas dari Dinas Perhubungan adapun yang menjadi sasaran untuk dikerjakan adalah jalan berlobang yang membelah jalan Sudirman diantaranya adalah Simpang DPRD, Simpang Kangkung, Simpang Yarsi dan persimpangan POM. (Ylm)

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI