Berita Kota Bukittinggi

Walikota Ramlan Apresiasi LPP RRI Bukittinggi Gelar Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ)




Bukittinggi, Humas - Diawal bulan suci Ramadhan, tepatnya 2 Ramadahan 1440 Hijriyah, LPP Radio Republik Indonesia (RRI) Bukittinggi kembali menggelar Pekan Tilawati Qur’an (PTQ) tahun 2019 yang dibuka secra resmi oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias di Auditorium RRI Bukittinggi, Selasa (7/5).

Acara yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh ustd.Umar Bin Khatab ini disiarkan secara langsung oleh RRI Bukittinggi melalui RRI Programa 1 dan Programa 2 ini selain dihadiri oleh Walikota Bukittinggi juga dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Bukittinggi, yang mewakil Dandim, Ka. LPP RRI Bukittinggi, Ketua Dharma Wanita Persatuan Bukittinggi, Wkl ketua LPTQ, dan undangan lainnya.

Basasra Yulfa selaku panitia pelaksana mengatakan bahwa PTQ yang dilaksanakan setiap bulan Ramdahan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat satuan kerja LPP RRI di Daerah kemudian timgkat Korwil dan seterusnya ke Tingkat Nasional.

“PTQ tahun ini dilaksanakan tanggal 7, 8 dan 11 Mei 2019 yang memperlombakan 3 (tiga) cabang yaitu Cabang Tilawah tigkat umum putra dan putri usia 17 sampai 30 tahun, Cabang Tahfidz dan Tausiah. Dari cabang Tilawah qori dan qoriah terbaik 1 akan menjadi perwakilan RRI Bukittinggi nantinya ketingkat Nasonal, dan dua cabang lainnya hanya sampai tingkat Bukittinggi dan kecuali Hafizah mewakili RRI Nusantara 15 Pedang prabu yaitu RRI Padang, Bukittinggi, Pekanbaru, Ranai, Batam dan Tanjung Pinang”, sebutnya.

Kepala LPP RRI Bukittinggi Lina Rossini, dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan PTQ yang merupakan agenda rutin daripada LPP RRI ini bertujuan sebagai kontribusi RRI guna menyemarakkan bulan suci penuh berkah ini dan untuk membina kehidupan beragama serta mengisi bulan penuh limpahan rahmat kasih sayang Allah ini dengan membaca dan menghafal Al Qur’an.

“dengan PTQ ini diharapkan anak – anak nantinya mampu mengaktualisasikan dirinya ditengah-tengah kemajuan perkembangan ilmu teknologi dan tentunya anak – anak ini akan berkompetisi dengan sehat sehingga menghasilkan generasi milenial yang cerdas dan InsyAllah dapat memahami kandungan isi Al Qur’an untuk dapat diimplementasikan didalam kehidupan sehari – hari, dan ini sangat relevan dengan tema PTQ Nasional tahun ini yakni“Aktualisasi Nilai – Nilai Universal Dalam Al Qur’an Menuju Indonesia yang Rukun, Maju dan Sejahera”, ungkapnya.

Sementara itu Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengatakan, sangat menyambut baik digelarnya kegiatan PTQ ini, karena memang Pemko dan Forkompimda menghimbau kiranya dibulan suci Ramadhan ini untuk mengadakan keagiatan – kegiatan keagamaan, dibulan yang penuh pengampunan ini berlomba – lomba untuk mencari ibadah, yang ternyata RRI telah melaksanakannya dan mendapat sambutan yang baik dari peserta yang hampir mencapai seratus orang.

“kita berharap kepada anak – anak nantinya bukan hanya sekedar mencari juara, tetapi bagaimana anak – anak nantinya betul  betul – betul menghayati isi dari kandungan Al Qur’an tersebut. Pada tahun 2030 nanti Indonesia akan mendapatkan bonus demografi dimana generasi produktif lebih banyak daripada anak – anak dan orang tua, untuk itu dari awal kita siapkan generasi yang betul – betul siap menghadapinya tentunya dengan mempunyai aqidah yang kuat namun juga mengikuti teknologi”, ujar Walikota Ramlan.

Kemudian kepada dewan hakim Ramlan juga berpesan, agar melakukan penilaian sesuai dengan kemampuan daripada qori dan qoriah, dan menilai sesuai menurut keyakinan dan sesuai menurut standar dewan hakim, ujarnya. (Ylm)   

 

LINK DIREKTORI