Berita Kota Bukittinggi

Walikota Minta Satpol PP Kedepankan Tindakan Persuasif




Walikota Bukittinggi mengambil apel sejumlah petugas Satpol PP yang bertugas di seputaran Jam Gadang, Selasa (05/11). Dalam arahannya Wako meminta personil Satpol PP dapat mengedepankan tindakan persuasif dalam menegakkan aturan.

Hal ini ditegaskan Wako, karena Bukittinggi merupakan kota pariwisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Ketika pengunjung ramai, tentu akan banyak pedagang yang memanfaatkan kondisi itu, untuk mencari rezeki.

“Beberapa diantaranya, tentu ada yang patuh dengan aturan atau perda yang ada. Sementara, beberapa oknum lainnya, masih saja melanggar aturan yang ada. Ini yang menjadi persoalan dan harus diantisipasi sejak dini,” ujar Ramlan saat apel di depan Tugu Pahlawan Tak Dikenal, Selasa (05/11).

Untuk itu, lanjut Wako, Satpol PP diminta untuk lebih mengedepankan tindakan persuasif. Dengan pendekatan emosional yang baik, diharapkan oknum pendagang itu juga memahami aturan dan tidak melanggar perda yang ada.

“Kami meminta Satpol PP juga memiliki jiwa pariwisata. Sehingga tindakan yang diberikan dapat diterima dengan baik dan tidak ada riak riak yang timbul di tengah masyarakat serta merusak citra kota Bukittinggi, khususnya nama baik dari Satpol PP itu sendiri,” ungkap Wako.

Walikota menambahkan, aturan tentu harus ditegakkan. Namun, tidak semerta-merta langsung dengan tindakan tegas. “Kita sebagai pelayan masyarakat, tentu harus sabar. Tidak semua paham dengan aturan yang ada. Untuk itu, diberikan pemahaman dengan cara yang baik. Jika masih saja melanggar, silahkan beri tindakan tegas, sesuai aturan pula. Jangan sampai ada yang dirugikan,” tegasnya. (Ylm)

 

LINK DIREKTORI