Berita Kota Bukittinggi

Walikota Bukittinggi Ramlan Canangkan GeMa CerMat




Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar, dan juga meningkatkan kemandirian serta perubahan perilaku masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan dan membuang obat secara benar dan meningkatkan penggunaan obat secara rasional, Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Barat mengadakan sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) yang pencanangannya dilakukan oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias yang ditandai dengan pemukulan gong bertempat di Hotel Rocky Bukittinggi, Rabu (10/5).

Terlihat hadir anggota komisi IX DPR RI Betty Shadiq Pasadigue dan nara sumber Ditjen Kefarmasian dan Alkes Kementerian Kesehaan RI serta Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi.

Dalam sambutannya Walikota Ramlan mengatakan, Pemerintah kota sangat menyambut baik kegiatan ini, mengingat ini adalah suatu upaya pemerintah bersama masyarakat guna mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan ketrampilan dalam mengunakan obat secara tepat dan benar, tingkat pendidikan sangat menentukan, tanpa pengetahuan dan informasi yang memadai dapat menyebabkan masalah kesehatan baru, ujarnya.

 Disamping itu Walikota juga meminta agar masyarakat memanfaatkan Puskesmas tidak hanya ketika telah menderita sakit.

“diminta kepada masyarakat agar menggunakan fasilitas yang ada di Puskesmas, seperti pemeriksaan kesehatan secara berkala, check darah dan sebagainya, jangan hanya datang ke Puskesmas ketika sudah menderita sakit, karena mencegah tentunya lebih baik dari mengobati,”ucapnya.

“kepada Dinas Kesehatan Kota diminta agar selalu memonitor dan memeriksa kantin – kantin sekolah apakah sudah memenuhi standar kesehatan atau belum, apakah yang dimakan anak -  anak disekolah tersebut sudah sehat atau belum, karena masa depan anak – anak tersebut harus menjadi perhatian bagi kita bersama,“ tambahnya.

Disamping itu Walikota Ramlan juga menyampaikan rencana Pemerintah Kota Bukittinggi untuk pembangunan Rumah Sakit khusus Jantung dihadapan anggota Komisi IX yang membidangi Kementerian Kesehatan.

Anggota Komisi IX DPR RI Betty Shadiq Pasadigue mengatakan, “kegiatan ini adalah suatu upaya untuk merobah perilaku dan mengedukasi masyarakat kepada pola kehidupan yang lebih baik, karena dimasyarakat seringkali dijumpai berbagai masalah dalam penggunaan obat, misalnya penggunaan obat bebas secara tidak tepat dan kurangnya pemahaman tentang cara menggunakan, menyimpan dan membuang obat dengan benar,” ujarnya.

Sementara itu sehubungan dengan rencana pembangunan rumah sakit oleh Pemko Betty mengapresiasi komitmen Walikota Bukittinggi untuk membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) khusus Jantung. “ komitmen Walikota untuk membangun RSUD patut kita dorong dan kita minta Kemenkes untuk memprogramkan, dan kami tahu rumah sakit di Bukittinggi selalu menjadi rujukan untuk berobat bagi masyarakat dari luar daerah Bukittinggi, dan anggota komisi IX DPR RI juga telah pernah melihat lokasi rencana pembangunan tersebut ” ujarnya.

Sosialisasi GeMa CerMat ini diikuti oleh 165 orang peserta yang terdiri dari Tim penggerak PKK, Unsur Dharma Wanita, Kader Posyandu, Saka Bhakti Husada serta Apoteker. (ylm)

 

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI