Berita Kota Bukittinggi

Wakil Walikota Irwandi Sambut Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat




Wakil Walikota Bukitinggi H.Irwandi, SH bersama dengan Kepala Kemenag Kota Bukittingi, Kadis. Kesehatan, Kadis.Pendidikan dan Kebudayaan, Kabag. Kesra Setdako, Camat dan SKPD terkait, serta Kepala SMA 5 beserta majelis guru bertempat di Aula SMA 5 Bukittinggi menyambut kedatangan Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Sumatera Barat, Senin (4/9).

Tim Penilai yang diketuai oleh Bulhanifah dalam sambutannya menjelaskan, Penilain Lomba Sekolah Sehat ini hanyalah sebagai sasaran antara, sedangkan sasaran utamanya adalah pembinaan yang bertujuan agar pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah mulai dari tingkat pusat sampai ke daerah dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambunan sehingga diperoleh hasil yang maksimal, ujarnya.

 “Dalam penilaian Sekolah Sehat ini bukan sekedar melihat kondisi fisik sekolah semata tetapi, yang sangat penting dan utama sekali adalah terjadinya perubahan perilaku peserta didik untuk perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang kita kenal dengan PHBS yang berimbas sampai kepada lingkungan rumah tangga sampai ke masyarakat,” tutur Bulhanifah.

“Dan kita mengharapkan anak – anak akan menjadi agen perubahan di tengah keluarga dan ditengah masyarakat,” tambahnya.

Kemudian Bulhanifah juga menjelaskan bahwa tujuan dari Lomba Sekolah sehat ini adalah sebagai evaluasi dini bagi Tim Pembina UKS Provinsi, Tim Pembina UKS Kabupaten/Kota dan Tim Pembina UKS Kecamatan terhadap pelaksanaan program UKS yang telah dilakukan selama ini.

Sedangkan Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi dalam sambutannya menjelaskan bahwa Kota Bukittinggi telah melakukan penilaian dan menghasilkan untuk mewakili yang dimulai dari tingkat TK sampai SLTA, yakni yang masing – masingnya adalah ; untuk TK yaitu TK Exelent, tingkat SD adalah SD 04 Garegeh, untuk tingkat SLTP adalah MTSN I sedangkan untuk tingkat SLTA adalah SMA 5, tutur Irwandi.

Kemudian Irwandi menjelaskan, Bukittinggi yang mempunyai core utamanya adalah Pariwisata membutuhkan rasa aman dan nyaman orang dan untuk itu dibutuhkan dukungan struktur dan infra struktur, sarana dan prasarana yang pada akhirnya dapat meningkatkab derajad kehdupan orang banyak.

“Memang pariwisata dijadikan sebagai core utama Kota Bukittinggi, untuk itu yang utama adalah bagaimana menciptakan rasa aman dan nyaman orang di kota ini, dan itu butuh dukungan struktur dan infra struktur. Namun yang menjadi permasalahan menyangkut sanitasi, karena setidaknya ada empat sub sektor  disana yakni sistim drainase, limbah, sampah dan air bersih. Kaitannya adalah bagaimana kami meningkatkan derajad kehidupan masyarakat memberikan dukungan kepada infrastrultur lingkungan tersebut termasuk disekolah – sekolah,” sebut Irwandi.

“Sebagaimana diungkapkan tim penilai tadi bahwa tujuan akhirnya adalah membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan derajad kesehatan masyarakat pada umumnya dan peserta didik pada khususnya, maka kami yakin keempat sekolah yang diusulkan untuk dinilai tersebut akan meraih juara,” ujar Irwandi dengan optimis.

Tim penilai yag akan melakukan penilaian terdiri dari 4 instansi terkait, yaitu dari Biro Bina Mental Setda Prop.Sumbar, Dinas Pendidikan Prov.Sumbar, Dinas Kesehatan Prov.Sumbar dan dari Kanwil Kemenag Prov. Sumbar.

Setelah perkenalan anggota Tim penilai oleh Ketua Tim, maka masing – masing tingkatan sekolah melakukan ekspose. Untuk TK Exellen oleh Winarti, Spd, untuk SD 04 Garegeh oleh Dra.Eva Safrina, MTSN I oleh Dra.Hj.Eva Anggraini,M,Si dan SMA 5 oleh Drs.Lasmita,M.Pd. (ylm)

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI