Berita Kota Bukittinggi

Ukir Sejarah, Lubang Japang Bukittinggi Dilalui Torch Relay Asian Games XVIII Tahun 2018




Disepanjang jalan Sudirman ribuan warga Bukittinggi larut dalam kegembiraan penyambutan arak – arakan api obor yang lebih dikenal dengan Torch Relay Asian Games XVIII tahun 2018, karena memang Bukittinggi satu – satunya daerah di Sumatera Barat yang disinggahi oleh Torch Relay Asian Games tersebut, sekitar pukul 14.00 Wib. Tiba di Bukittinggi api tersebut diserahkan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit kepada Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias di depan SMAN 2 Bukittinggi, Kamis (2/8). Dari titik nol itu, api obor dibawa berjalan menuju lapangan kantin untuk ceremonial penyambutan.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, atas nama masyarakat kota mengaku bangga, dengan dipilihnya Bukittinggi sebagai torch relay api obor Asian Games XVIII tahun 2018 sebab Bukittinggi dipilih karena menjadi salah satu kota terindah dunia dan memiliki sejarah penting bagi kemerdekaan Indonesia.

“Kami atas nama pemerintah kota dan masyarakat Bukittinggi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan provinsi serta panitia, yang mempercayakan Bukittinggi sebagai torch relay api obor Asian Games XVIII di provinsi Sumbar. Ini akan menjadi catatan sejarah bagi kota wisata yang akan dikenang kedepannya. Karena sudah 56 tahun api obor tidak dilalui Indonesia. Kali ini telah dilalui kembali,” ujar Ramlan.

Lebih lanjut Walikota juga mengungkapkan, kirab api obor di Bukittinggi, menjadi salah satu pelaksanaan yang unik, karena api obor akan diarak masuk ke dalam lobang Jepang. Dimana salah satu lokasi unggulan pariwisata Bukittinggi itu, merupakan saksi sejarah perang dunia kedua dan sejarah perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia.

Sementara, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, menyampaikan, pemerintah provinsi bangga dengan penyambutan api obor di Bukittinggi yang sangat meriah. Bukittinggi merupakan kota ke 28 yang dilalui api obor Asian Games Asian games 2018. Untuk penyelenggaraannya sendiri, Asian Games akan diselenggarakan pada 18.8.18.

“Terima kasih Bukittinggi atas penyeleggaraan yang sangat meriah ini. Kota Bukittinggi Kota sejarah dan menjadi pilihan terbaik bagi Sumatera Barat. Kemeriahan ini membuktikan, Bukittinggi kota yang mampu menyelenggarakan torch relay api obor Asian Games 2018,” ungkapnya.

Sementara, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir, ungkapkan, api ini merupakan simbol semangat perjuangan. Dengan api ini mengingatkan kesuksesan Indonesia 56 tahun lalu yang berhasil menjadi juara 2 pada Asian Games di masa itu.

“Kita harapkan pelaksanaan di Indonesia menjadi yang terbaik. Kita punya mimpi besar untuk meraih kesuksesan dalam prestasi. Karena banyak atlet potensial Indonesia yang telah mengukir prestasi di tingkat Internasional,” ujarnya.

M. Nasir mengapresiasi kesuksesan Bukittinggi dalam menyelenggarakan torch relay api obor Asian Games 2018 ini. “Pemerintah dan panitia bangga memilih Bukittinggi sebagai salah satu kota torch relay api obor Asian Games 2018. Bukittinggi kota wisata di Sumbar yang punya sejarah. Kami berharap kedepan Bukittinggi jadi pusat wisata dunia,” ungkapnya.

Setelah ceremonial, api obor Asian Games langsung diarak keliling Bukittinggi, melewati Lubang Jepang dan rombongan mengakiri pengarakan obor di Tugu Pahlawan Tak Dikenal dan setelah itu api obor dipindahkan ke Mini Culdron yang terletak di lapangan depan Istana Bung Hatta. (Ylm)

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI