Berita Kota Bukittinggi

TP PKK Bukittinggi Terima Kunjungan Study Banding TP PKK Sungai Penuh.




Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Ny.Yesi Ramlan Nurmatias didampingi oleh Wakil Ketua TP PKK Ny.Khadijah Irwandi, Lurah ATTS Endi Syamsir beserta pengurus TP PKK Kota Bukittinggi menerima kunjungan TP PKK Kota Sungai Penuh yang dipimpin oleh ketua TP PKK Ny.Emizola Asafri bertempat digedung serba guna Kelurahan Aur Tajungkang Tangah Sawah (ATTS), Kamis (6/9).

Ny.Emizola Asafri selaku pimpinan rombongan menyampaikan maksud dan tujuannya ke Bukittinggi bahwa disamping bersilahturrahmi adalah untuk mempelajari lebih jauh tentang pengelolaan 10 program pokok PKK di kota Bukittinggi.

 “kehadiran kami di Kota Bukittinggi ini ingin memperkuat PKK kami di Sungai Penuh dan ingin belajar kita –kiat TP PKK dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat  melalui 10 program pokok PKK. Karena Kota Sungai Penuh yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Kerinci baru berumur delapan tahun untuk itu masih perlu banyak belajar ke Kota Bukittinggi yang telah terkenal dengan produk – produk UKM-nya serta telah banyak meraih prestasi, Kami berharap dari TP PKK kota Bukittinggi dapat memberikan ilmunya untuk dapat kami kembangkan di kota Sungai Penuh nanti”, ujarnya.

Disamping itu menurut Ny.Emizola juga mengatakan bahwa Bukittinggi merupakan kota wisata yang telah terkenal, kalau orang Sungai Penuh bergi wisata pastinya ke Bukittinggi, kemudian juga dipertanyakan tentang keterlibatan ibu –ibu maupun kelompok Dasa Wisma untuk menunjang Bukittinggi sebagai kota Wisata serta kiat -  kiat mengajak ibu – ibu di Dasa Wisma untuk peduli sampah rumah tangga.

Menurut Ketua TP PKK Bukittinggi Ny. Yesi Ramlan, dalam menjalankan 10 program pokok PKK yang  dipimpinnya, lebih melihat kepada dimana gerakan PKK merupakan mitra pemerintah yang memiliki fungsi dan peran yang strategis dalam pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

‘’PKK adalah mitra kerja pemerintah dan sebagai mitra bagaimana kita mensukseskan visi dan Misi dari Pemerintah tersebut. Itulah yang kami lakukan bagaimana 10 program pokok PKK tersebut kami sinergikan dengan program – program SKPD terkait, seperti pada kunjungan hari ini kita berada di Kelurahan ATTS yang mempunyai unggulan dan merupakan pilot proyek Perempuan Peduli Sampah Provinsi Sumbar, dan untuk itu kami banyak dibantu oleh SKPD Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan”, terang Ny.Yesi.

Kemudian Ny.Yesi Ramlan juga menjelaskan peran dan keterlibatan dari Dasa Wisma yang telah banyak membantu dalam peningkatan ekonomi keluarga dan juga menjelaskan keberadaan sekolah keluarga yang baru saja melakukan wisuda perdananya. Namun semua keberhasilan yang diperoleh menurut Ny.Yesi adalah tidak lepas darpada tertib administrasi, “Kelurahan ATTS juga mewakili provinsi Sumbar dalam gerakan Tertib Administrasi PKK dan sudah berada di posisi 5 terbaik nasional dan bulan lalau kita baru dinilai oleh nasional”, ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Direktur Bank Sampah Mutiara Indah Suryadi juga memberikan penjelasan tentang pengelolaan sampah pada bank yang dikelolanya.

Pertemuan yang berjaan akrab tersebut diakhiri dengan saling tukar menukar cendrahati dan dilanjutkan dengan peninjauan ke bank sampah Mutiara Indah untuk melihat pengelolaannya serta tertib administrasi dari PKK. (Ylm)

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI