Berita Kota Bukittinggi

Tingkatkan Kunjungan Wisman, DPP ASITA undang Tour Operator khusus wisatawan China




Mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat, Ketua Dewan Pengurus Pusat ASITA (Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies), Asnawi Bahar kali ini menggandeng tour operator yang khusus mendatangkan wisatawan TIongkok ke Indonesia untuk mengunjungi beberapa daerah di Sumatera Barat termasuk Bukittinggi.

Kedatangan 18 tour operator tersebut disambut langsung oleh Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi, SH dalam sebuah jamuan makan malam di salah satu rumah makan di Bukittinggi, Jumat (6/4) yang juga dihadiri ketua Asita Bukittinggi, HPI Sumbar, Sekretaris dan Kabid.pada Dinas Parpora Kota Bukittinggi.

Menurut Asnawi, Tiongkok merupakan pasar utama pariwisata Indonesia yang setiap tahun memberikan kontribusi cukup besar terhadap kunjungan wisatawan mancanegara.

“Saat ini wisman Tiongkok telah menjadi prioritas kita, demikian juga kedepannya, angka pertumbuhan wisatawan Tiongkok itu paling besar di dunia, mereka keluar dari Tiongkok pertahun 120 juta, ke Indonesia baru sekitar 1,4 juta dan hanya terpusat di Bali dan sekarang mulai ke Menado, makanya hari ini kita bawa para pemilik biro perjalanan yang mengkhususkan diri ke pasar China tersebut ke Sumatera Barat khususnya Bukittinggi untuk diperkenalkan bahwa Bukittinggi juga tidak kalah indahnya dari destinasi lain di Indonesia, dan agar mereka bisa melihat, menyentuh dan merasakan langsung sensasi  keajaiban alam dan budaya yang kita miliki, “ ujar Asnawi.

Harapan kita kedepannya adalah agar mereka nantinya akan memperkenalkan destinasi unggulan Sumbar ke dataran Tiongkok, Hongkong dan Taiwan. Mengapa mereka diundang, karena untuk mendatangkan wisatawan dari Tiongkok itu sangat sulit,  selama ini yang terjadi antara biro perjalanan Indonesia dengan biro perjalanan Tiongkok, kita tidak bisa memasarkan lansung ke masyarakat disitu. Jadi mereka adalah anggota ASITA yang mengkhususkan diri ke pasar Tiongkok dan mempunyai network yang cukup besar di Tiongkok, Taiwan dan Hongkong, tambah Asnawi.

Menurut Asman, pengurus DPP ASITA ketua komite Tiongkok yang juga pemilik Biro Perjalanan Milenium yang khusus mendatangkan wisatawan dari Tiongkok mengatakan, “saya belum pernah ke sini, saya hanya kenal nasi Padang sebelumnya, tetapi sampai disini saya kagum dengan potensi wisata Bukittinggi, kalaupun Bukittinggi tidak punya hotel bintang lima, tidak apa – apa, tetapi yang penting bagi wisatawan Tiongkok adalah kebersihan yang benar – benar terjaga, begitupun di objek wisata harus benar – benar bebas dari sampah dan adanya petunjuk keamanan baik dalam bahasa inggeris maupun dalam bahasa mandarin, jelasnya.

Senada dengan Asman, Asita Bali melalui ketua Divisi Bali Liang (khusus menangani market Tiongkok) Meilan mengatakan, “objek wisata Bukittinggi tidak kalah dengan daerah lain, makanan yang enak serta hotel yang bagus, dan saya berjanji akan mengenalkan keteman – teman saya, dan saya berharap adanya penerbangan langsung dari Tiongkok ke Padang,” ujarnya, ketika pembawa acara meminta kesan dan pesan atas kunjungannya ke Bukittinggi.       

Sementara itu Wakil Walikota Irwandi dalam sambutannya mengatakan sangat berterima kasih kepada DPP ASITA yang telah mengenalkan Bukittinggi khususnya kepada para tour operator yang khusus mendatangkan wisatawan dari Tiongkok, “kami sangat senang dan berterima kasih kepada DPP ASITA yang telah mendatangkan tour operator khusus wisatawan Tiongkok, dan agar pada paket-paket Sumatera Barat harus masuk Bukittinggi, kami siap untuk menerima dan melayani tamu yang datang”, ungkapnya. Disamping itu Irwandi juga mengatakan akan memperbaiki segala fasilitas dan infrastruktur yang dibutuhkan wisatawan tentunya, sesuai dengan saran yang telah diberikan.

Kedepan kita akan tingkatkan lagi promosi tidak hanya ditingkat regional, mungkin juga ketingkat internasonal, dengan membangun komunikasi, membangun network tidak hanya dengan pemerintah tetapi yang penting juga dengan biro – biro perjalanan, kita berharap lama tinggal di Bukittinggi juga meningkat, kita punya potensi, jadi bagaimana kita menggerakkan potensi itu menjadi potensial”, ujar Irwandi.

Malam yang penuh keakraban tersebut ditutup dengan pemberian cendera mata berupa brosur dan kalender promosi pariwisata Bukittinggi oleh Wakil Walikota Irwandi kepada masing - masing tour operator dan diakhiri dengan foto bersama.(ylm)      

 

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI