Berita Kota Bukittinggi

SMA N 1 Harau dan SMP N 6 Bukittinggi Juara Umum Paskibraka Competition 2019 PPI Bukittinggi




Pengurus Purna Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Indonesia Kota Bukittinggi menggelar Paskibraka Competition 2019 antar pelajar SMA sederajat dan SMP sederajat Tingkat Sumatera Barat yang dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 Januari 2019 bertempat di halaman Balaikota Gulai Bancah Bukittinggi, dibuka secara resmi oleh Walikota Bukittinggi yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Erwin Umar yang ditandai dengan pemukulan gong, Minggu (27/1)

Kegiatan yang bertemakan  “Langkah Gemilang dengan Semangat Merah Putih Menuju Generasi Emas” ini merupakan agenda tahunan Pengurus Purna Paskibraka (PPI) Kota Bukittinggi yang telah dimulai sejak tahun 2011 yang lalu.

Ketua pelaksana Farhan yang merupakan pelajar SMA 1 Bukittinggi, mengatakan Paskibra Competition ini disamping sebagai ajang silahturrahmi antar anggota paskibra sekolah yang ada di Sumatera Barat juga sebagai ajang mengenalkan organisasi PPI kepada masyarakat.

“tujuan dari kompetisi ini adalah sebagai ajang silahturrahmi antar anggota paskibra yang ada di sekolah di Sumatera Barat dan kompetisi ini juga sebagai upaya untuk memperkenalkan organisasi PPI Kota Bukittinggi kepada masyarakat luas, terutama visi dan misi PPI Kota Bukittiggi” ujar Farhan.

Juga dikatakan bahwa dengan kegiatan ini diharapakan akan dapat meningkatkan kecintaan para siswa terhadap negara kesatuan Republk Indonesia, ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi Erwin Umar mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan selamat datang kepada peserta yang telah mewakili sekolahnya masig – masing dari berbagai daerah di Sumatera Barat.

“kegiatan ini sangat positif karena sekolah – sekolah kedinasan saat ini membutuhkan skill seperti Paskibra, disamping itu Paskibra ini akan mampu melatih kedisiplinan, memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme serta meningkatkan rasa tanggungjawab terhadap pembangunan bangsa dan negara dikalangan generasi muda”, ujarnya.

Kompetisi Paskibra ini memperebutkan trophy bergilir Walikota Bukittinggi, disamping itu ada trophy lepas dan uang tunai dengan 3 jenis lomba yakni Lomba Penaikan Bendera, Lomba Ketangkasan Baris - Berbaris serta Lomba Paduan Suara dengan juri yang berasal dari Kodim 0304/Agam, ISI Padang Panjang serta PPI sendiri.

Keluar sebagai juara umum tingkat SLTA adalah SMA Negeri 1 Harau Kaupaten 50 Kota sedangkan juara umum untuk tingkat SLTP diraih oleh SMP Negeri 6 Bukittinggi.

Sebelum dimulainya kompetisi diawali dengan penampilan murid SD 07 Belakang Balok dalam atraksi Dishub Cilik yang memperagakan ketrampilan Baris Berbaris dan mendapatkan aplusan yang meriah dari pengunjung dan peserta yang hadir. (Ylm)

LINK DIREKTORI