Berita Kota Bukittinggi

Siswa SMAN 2 dan SMAN 5 Bukittinggi Terpilih Sebagai Duta GenRe Kota Bukittinggi Tahun 2021




Ichsan Maulana (siswa SMAN 2 Bukittinggi dan Puti Nilam Sari (siswa SMAN 5 Bukittinggi) meraih juara pertama dalam pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) Kota Bukittinggi Tahun 2021 yang diselenggarakan Kamis, (25/02/2021), di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Gulai Bancah.   

 

Program Generasi Berencana (GenRe) merupakan program yang diluncurkan oleh Pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang usia perkawinan dan seks pranikah serta risiko narkotika dan obat-obatan terlarang,   

   

Kepala Dinas P3APPKB Kota Bukittinggi, Tati Yasmarni, dalam laporannya di awal acara menyampaikan program GenRe merupakan program Nasional yang digawangi oleh BKKBN. Kegiatan pemilihan Duta GenRe mengedepankan isu sehubungan dengan tantangan yang dihadapi seputar kehidupan remaja, seperti pemahaman terhadap pelaksanaan pernikahan usia dini, pemahaman terhadap risiko narkotika dan obat-obatan terlarang, serta perilaku seks pranikah/seks bebas. Ia juga menyampaikan sebanyak 103 orang yang mendaftar dalam kegiatan pemilihan Duta GenRe tahun ini, yang dibuka tanggal 1 – 13 Januari lalu. Lebih lanjut, kepada peserta juga telah dilakukan kegiatan pembekalan pada tanggal 2,3, dan 5 Februari 2021 yang diselenggarakan di aula kantor Lurah Belakang Balok.  

 

Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Sekretaris BKKBN, Nova Dewita, dalam sambutannya sampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Bukittinggi, terutama Dinas P3APPKB, yang senantiasa memfasilitasi pelaksanaan kegiatan GenRe. Ia juga menyampaikan BKKBN terus berupaya untuk mewujudkan generasi muda yang sehat, terutama dalam menyikapi bonus demografi yang dimiliki Indonesia. Bonus demografi merupakan kondisi dimana jumlah penduduk usia produktif lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk usia nonproduktif. “Sumatera Barat sendiri berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2020 telah berada dalam kondisi tersebut (bonus demografi_red). Dari jumlah penduduk sebanyak 5,53 juta jiwa, 68,5% dari jumlah tersebut merupakan penduduk dengan usia produktif,” ujarnya. 

 

Lebih lanjut Nova menyebutkan program GenRe ada untuk mempersiapkan remaja sebagai generasi berencana, yang meliputi merencanakan pendidikan, pola hidup sehat, keluarga dan lain sebagainya. “Posisi remaja dalam perspektif BKKBN adalah agar remaja dapat tumbuh menjadi generasi yang berkualitas, juga memiliki perencanaan dalam berkeluarga, karena banyak kasus stunting terjadi pada pernikahan yang dilakukan di usia dini,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Plt. Asisten II, Isra Yonza, mewakili Plh. Wali Kota dalam sambutannya sampaikan bahwa Pemerintah Kota Bukittinggi senantiasa memberikan dukungan terhadap program dan kegiatan pemberdayaan generasi muda. “Pemerintah Kota memandang remaja sebagai generasi penerus untuk menuju Indonesia Emas tahun 2045 nanti,” sebutnya. “Kita berharap Duta GenRe turut menyosialisasikan program GenRe ini, tidak sebatas pada kalangan remaja saja, tapi juga kepada masyarakat,” sebutnya. 

 

Berikut susunan pemenang Lomba Duta GenRe Kota Bukittinggi Tahun 2021: Ichsan Maulana (SMAN 2 Bukittinggi) dan Puti Nilam Sari (SMAN 5 Bukittinggi) Juara I; Muhammad Akbar Hakim (SMAN 4 Bukittinggi) dan Dwi Fauziatul Huda (MAN 2 Bukittinggi) Juara II; Frizky Aldo Ryon (Univ. Perintis Indonesia) dan Tri Hamzani Rizki (Poltekes) Juara III.

LINK DIREKTORI