Berita Kota Bukittinggi

Siaga Bencana, Polres Bukittinggi Gelar Apel Penanggulangan Bencana Alam




Dalam rangka kesiapsiagaan personil maupun peralatan dalam menghadapi bencana, Polres Bukittinggi menggelar Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Kewilayahan Dalam Penanggulangan Bencana Alam Bukittinggi dan Agam di lapangan Wirabraja jalan Sudirman Bukittinggi, Sabtu (15/2).

Apel Gelar Pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Bukittinggi AKBP. Iman Pribadi Santoso,SIK, MH dengan Komandan Apel Ipda.Yasliman,S.Sos turut dihadiri oleh Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi, SH, Dandim 0304/Agam Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro, SIP Sekda Agam Martias Wanto, Kapolsek, kepala SKPD Bukittinggi dan Agam dan undangan lainnya.

Kapolres dalam amanatnya mengatakan apel kesiapsiagaan ini berdasarkan informasi BMKG dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral yang menyatakan bahwa di Sumatera Barat sangat berpotensi terjadinya bencana dan berdasarkan tele conference Mabes Polri tanggal 6 Januari 2020 di Polres Bukittinggi serta surat Mendagri dan hasil Rakornas Penanggulangan Bencana tanggal 4 Februari 2020 di Bogor bahwasanya Penanggulangan bencana merupakan urusan bersama.  

“melalui apel gelar pasukan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiagaan dan kesiapan pasukan baik personil maupun peralatan dalam mengantisipasi bencana alam di Bukittinggi maupun di Kabupaten Agam, seperti baru – baru ini terjadi longsor dan banjir di 9 titik dan bisa diatasi, semoga kedepannya tempat kita aman dari bencana”, ujar Kapolres.

Selanjutnya dikatakan, bahwa apabila ada bencana segera melaporkan, kita sudah membentuk Posko masing – masing untuk wilayah Agam ada di Matur dan untuk Bukittinggi ada di Kantor BPBD Gulai Bancah, kendaraan maupun alat berat akan disiagakan di Posko, akan disipakan sarana dan prasarana, personil, PMI, ambulan kesehatan dan semua yang terlibat membantu korban bencana alam, ungkap Kapolres.

Sebagai peserta pada apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Kewilayahan Dalam Penanggulangan Bencana Alam tersebut terdiri dari TNI, Polres, Dishub, BPBD, Satpol PP, Damkar, PMI, Tagana, Pramuka dan relawan. (Ylm)

 

LINK DIREKTORI