Berita Kota Bukittinggi

Ratusan Siswa Ikuti Seleksi O2SN Kota Bukittinggi




Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias membuka secara resmi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kota Bukittinggi 2018 yang diikuti oleh ratusan siswa Tingkat SD/MI, SMP/MTs Negeri dan Swasta se Kota Bukittinggi, di Stadion GOR Bermawi Jl.By Pass Bukittinggi, Senin (12/3).

Almisri selaku panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan O2SN yang akan berlangsung dari tanggal 12 s/d 14 Maret 2018 ini bertujuan guna meningkatkan kecintaan dan apresiasi siswa terhadap bidang olahraga, meningkatkan kecakapan kolaboratif dan kooperatif serta meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani siswa.

“hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan kondisi kesehatan siswa di sekolah sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademis, kemudian terpilihnya siswa yang akan mewakili Bukittinggi ke tingkat Provinsi Sumatera Barat serta terjalinnya kesatuan dan persatuan antar siswa”, ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Melfi Abra menyampaikan bahwa seleksi O2SN tahun 2018 ini diikuti oleh peserta sebanyak 476 orang dengan 7 cabang olahraga yang akan diikuti adalah Bulu Tangkis, Atletik, Catur, Tenis Meja, Karate, Pencak Silat dan Renang. Dari 7 cabang tersebut dua diantaranya tidak dipertandingkan di tingkat Sumatera Barat yaitu Catur dan Tenis Meja.

Melfi juga berharap agar kedepannya sebelum melakukan seleksi untuk tingkat Kota Bukittinggi dilaksanakan terlebih dahulu kompetisi tingkat sekolah.

“Sebelum seleksi tingkat kota kami berharap terlebih dahulu diadakan kopetisi olahraga tingkat sekolah untuk masing – masing cabang olahraga, hal ini akan sangat berguna untuk melatih sportifitas, mengembangkan minat dan bakat dibidang olahraga serta menjalin silahturrahmi antar pelajar”, harapnya.    

Sementara itu Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyampaikan, O2SN ini penting perannya untuk membentuk pelajar berprestasi di bidang akademik, olahraga dan memiliki budi pekerti yang luhur. Dengan kegiatan ini diharap dapat menjaring bakat dan minat pelajar dan bisa dikembangkan menjadi potensi atlet Bukittinggi.

“Masih ingat oleh kita sebuah kata mutiara yakni Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat, hal ini menunjukkan betapa pentingnya olahraga. Dengan program ini akan dapat melatih pelajar untuk gemar berolahraga dan akan berdampak pada generasi yang sehat. Perlombaan ini jangan mencari yang kalah dan menang, namun bagaimana meningkatkan nilai – nilai sportifitas dan disiplin dari olahraga itu sendiri dan kepada juri saya titip agar berlaku adil serta menjaga sportifitas”, ungkapnya.

Pemerintah kota, lanjut Walikota Ramlan akan terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana sekolah, untuk tahun ini akan dibangun beberapa gedung sekolah seperti SD dan SMP. Hal ini karena usia sekolah tersebut sudah banyak yang tua.

“Karena sekolah SD dan SMP di Bukittinggi sudah banyak yang tua, maka tahun ini akan dilakukan pembangunan beberapa buah sekolah. Sekolah akan dibuat senyaman mungkin dengan halaman dan lapangan olahraga, hal ini tentunya untuk melahirkan pelajar yang pintar, sehat dan berkualitas”, jelasnya.

Setelah pelaksanaan seleksi O2SN tahun ini yang bertemakan “Melalui Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Membentuk Pelajar yang Berprestasi Akademi, Olahraga dan Berbudi Pekerti Luhur” ini, akan dilakukan TC selama 1 minggu. Sementara O2SN Provinsi Sumatera Barat untuk tingkat SD akan dilaksanakan pada tanggal 23 s/d 27 April 2018, sedangkan untuk tingkat SMP tanggal 6 s/d 10 Mei 2018 di Padang. Sedangan untuk Tingkat Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 16 s/d 22 September di DI Yogyakarta. (Ylm)

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI