Berita Kota Bukittinggi

PPKBK, Sub PPKBK dan Kader Kelompok Ujung Tombak Program Peningkatan Kualitas Keluarga




Ratusan petugas Pembantu Pembina Keluarga Berencana Kelurahan (PPKBK) dan sub PPKBK serta Kader Kelompok Kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL) kota Bukittinggi, terima dana operasional dari Pemko Bukittinggi melalui DP3APPKB. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Walikota Bukittinggi kepada kader, di halaman Kantor DP3APPKB, Senin (11/11).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB), Tati Yasmarni menjelaskan, saat ini diserahkan dana operasional untuk 24 petugas PPKBK, 165 petugas sub PPKBK, 235 kader BKB, 48 kader BKR dan 66 kader BKL. Dana operasional yang diberikan untuk tahap triwulan ketiga tahun 2019.

“Alhamdulillah, saat ini intensitas kegiatan para kader di lapangan cukup baik. Alhasil, laju pertumbuhan penduduk (LPP) tahun 2017, sebesar 2,68 persen, tahun 2018 turun menjadi 1,56 persen. Artinya, tugas PPKBK dan Sub PPKBK serta kader kelompok kegiatan terus berjalan maksimal dengan turunnya LPP. Kita harapkan angka laju pertumbuhan penduduk terus menurun,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mangapresiasi kinerja para kader di lapangan. Upaya dari setiap petugas sangat membantu program pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk yang tentunya berdampak pada peningkatan kualitas keluarga.

“Kualitas keluarga yang dimaksud, tentu kualitas di berbagai bidang. Baik itu, kesejahteraan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan bidang lainnya. Dengan edukasi dari para kader, tentu masyarakat paham apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas keluarga,” jelasnya.

Selanjutnya, Wako mengharapkan setiap kader paham program KB sehingga masyarakat teredukasi dengan maksimal. Petugas PPKBK dan sub PPKBK juga diminta aktif dalam kegiatan KKBPK dalam rangla meningkatkan kualitas ketahanan keluarga.

“Kami sangat berharap petugas PPKBK dan sub PPKBK dapat juga memberikan informasi, edukasi dan motivasi di Kampung KB yang ada di Bukittinggi. Sehingga persoalan kependudukan dapat diatasi, tidak saja dalam menjalankan program KB, tapi juga melaksanakan perencanaan keluarga untuk penguatan ekonomi masyarakat,” ungkap Ramlan.

Wako juga berpesan, agar seluruh SKPD dapat mendukung kegiatan di tujuh kampung KB yang ada di Bukittinggi hingga tingkat lini lapangan. Sehingga informasi dan edukasi yang disampaikan dapat diterima maksimal oleh masyarakat. Dalam kesempatan itu, juga diserahkan Media KIE KIT kepada kader seluruh kelurahan. (Ylm)

LINK DIREKTORI