Berita Kota Bukittinggi

PNS Berprestasi dihadiai Paket Umroh ke Tanah Suci




Dalam upaya untuk memotivasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk meningkatkan semangat kerja yang berorientasi kepada  kepentingan masyarakat, bangsa, negara dan tanah air,  pemerintah kota Bukittinggi melalui Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber  Daya Manusia menyelenggarakan penilaian staf untuk memilih PNS berprestasi tahun 2017 di lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi.

Tujuan dilaksanakannya penilaian PNS berprestasi ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan semangat kerja PNS dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, meningkatkan kualitas integritas dalam bekerja serta meningkatkan semangat pengabdian sebagai aparatur negara.

Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi Yuen Karnova menjelaskan penilaian PNS berprestasi ini adalah untuk mendapatkan orang – orang yang patut diteladani dan menjadi inspirasi bagi pegawai yang lain serta dapat menjadikan motivasi seluruh pegawai untuk bekerja lebih baik lagi, ujarnya.   

Sementara itu Kepala BKPSDM Sustinna mengatakan penilaian PNS berprestasi ini hanya ditujukan kepada pegawai golongan I, II dan III kecuali guru dan medis,  dengan sistim penilaian yang dilakukan melalui tes tertulis, wawancara dan rekam jejak dari yang bersangkutan, jelasnya.

Untuk kriteria penilaian atau persyaratannya yakni memiliki masa kerja sebagai PNS minimal 5 tahun di Pemko Bukittinggi, bagi pegawai pindahan minimal telah bekerja di Pemko Bukittinggi 3 tahun dengan melampirkan SK pindah ybs. dan belum pernah menjadi PNS berprestasi peringkat I, II dan III di lingkungan Pemko Bukittinggi serta diusulkan oleh SKPD setelah melalui proses seleksi oleh tim penilai SKPD.

Indikator penilaian yakni Penilaian Sasaran Kerja Pegawai dengan bobot 25%, penilaian perilaku kerja dengan bobot penilaian sebesar 25% meliputi orientasi pelayanan, integritas, komitmen, kerjasama dan kepemimpinan. Kemudian Disiplin Kerja dengan bobot penilaian 15% yang meliputi kepatuhan terhadap jam kerja dan kepatuhan terhadap pakaian kerja / atribut. Sedangkan kepatuhan menjalankan ajaran agama dengan bobot 25% meliputi ketepatan waktu dalam melaksanakan ibadah, membaca ayat suci serta pengetahuan umum tentang agama. Kemudian indikator lainnya yakni sosial kultur dengan bobot 10% meliputi kepedulian terhadap sesama, kepedulian / keterbukaan terhadap keluarga serta kepedulian terhadap lingkungan.

Kemudian Sustinna juga menjelaskan, “kepada yang terpilih sebagai PNS yang berprestasi nantinya akan diberikan penghargaan, untuk juara I sebanyak 3 orang terdiri dari golongan I, II dan III dengan hadiah berupa Paket Umroh bagi yang beragama Islam dan uang tunai senilai biaya Umroh bagi yang beragama Non Muslim, Juara II sebanyak 3 orang terdiri dari golongan I, II dan III dengan hadiah uang sebesar Rp.10.000.000,- Juara III  sebanyak 3 orang terdiri dari golongan I, II dan III dengan hadiah uang sebesar Rp.8.500.000,- disamping itu juga diberikan hadiah kepada harapan I dan II pada masing-masing golongan”, jelas Sustinna. (Ylm)

 

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI