Berita Kota Bukittinggi

PMI Bukittinggi Bagikan Doorprize kepada Pendonor Darah Sukarela




Bukittinggi, Humas – Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias yang juga merupakan pelindung bagi Palang Merah Indoneisa (PMI) Kota Bukittinggi menghadiri dan sekaligus melakukan Penarikan hadiah utama kupon doorprize donor darah sukarela periode oktober – Desember 2017 yang dilaksanakan di Lapangan Tembak Perbakin Simpang Jirek Bukittinggi, Minggu (7/1).   

Sukarelawan yang beruntung mendapatkan hadiah utama berupa Sepeda Gunung adalah pemegang nomor lot 1019 atas nama Gusferi Hendra dan pemegang nomor lot 1066 atas nama M.Ikbal A.

Kegiatan yang dilakukan oleh PMI Kota Bukittinggi ini adalah suatu inovasi dalam rangka menarik pendonor darah sukarela, disamping itu acara ini juga sebagai bentuk syukuran atas penghargaan yang diterima oleh PMI Bukittinggi sebagai peringkat I di Sumbar sebagai PMI yang Berkapasitas dan Kinerja Baik Tahun 2017.

“kegiatan ini adalah suatu upaya daya tarik agar lebih banyak sukarelawan untuk mendonorkan darahnya secara sukarela, untuk periode Oktober sampai Desember 2017 ada 2.000 orang pendonor sukarela dan panitia menyediakan 500 doorprize untuk sukarelawan”, ujar Chairunnas ketua PMI Kota Bukittinggi.

Chairunnas juga mengatakan bahwa saat  ini kita membutuhkan 1.200 sampai 1.400 kantong darah perbulan untuk melayani 6 Rumah Sakit yang ada di Bukittinggi ditambah lagi dengan klinik bersalin, namun saat ini baru bisa terkumpul  mencapai 800 kantong perbulannya.

Saat ini kebutuhan darah sambung Chairunnas tidak hanya datang dari Rumah Sakit di Bukittinggi saja namun juga dari daerah tetangga seperti Kabupaten Pasaman, Kabupaten Tanah Datar, Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota dan Padang Panjang.

“agar kebutuhan darah terpenuhi, kami tentunya mengharapkan sekali pendonor sukarela mau mendonorkan darah mereka. Disamping itu PMI terus berupaya memenuhi target tersebut dengan melakukan sosialisasi ke tempat – tempat keramaian secara rutin, seperti halnya hari ini telah terkumpul darah di lapangan tembak ini sebanyak 54 kantong dan di Lapangan Kantin sebanyak 38 kantong,”ujarnya

Tahun ini kita targetkan kekurangan darah untuk memenuhi dari target tersebut akan dipenuhi dengan masuk ke SMA-SMA, Perguruan Tinggi dan kita juga adakan kerjasama dengan TNI AD, Kepolisian, IPDN Baso dan ASN, jelasnya.

“dalam sosialisasi itu kita memberi informasi mengenai manfaat donor darah. Adakalanya dapat langsung melakukan donor atau kami ajak calon pendonor datang ke kantor PMI Bukittinggi,”  tambahnya.

Sementara itu Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh PMI Bukittinggi untuk menarik para sukarelawan agar mau mendonorkan darahnya.

“saat ini dengan kebutuhan yang mencapai 1.400 kantong per bulan memang dibutuhkan berbagai upaya untuk daya tarik sukarelawan untuk mau mendonorkan darahnya secara sukarela, apalagi Kota Bukittinggi merupakan daerah penyanggah bagi daerah sekitarnya, untuk itu ita harus selalu punya stok  darah yang cukup”, ujar Ramlan

Ramlan juga mengucapkan terima kasih  kepada pendonor sukarela yang telah mendonorkan darahnya, “jangan pernah bosan mendonorkan darah , kalau kita ikhlas ini adalah ibadah, warga kita sangat membuthkan darah, dan juga kepada UPTD diingatkan agar darah yang masuk tersebut juga harus benar – benar diteliti jangan sampai masuk darah yang telah kena virus seperti HIV misalnya”, jelas Ramlan.

“Bukittinggi termasuk daerah penyanggah, kita dikelilingi kabupaten Kota yang lain dan kita tidak bisa memprediksi yang namanya musibah, kedepan kita punya rencana nantinya akan menyatukan lokasi PMI, Pemadam Kebakaran, BPBD dan Dinas Sosial supaya nantinya satu informasi dan satu komando dan sekali turun dalam penanggulangan bencana. Untuk tahun ini Pemerintah Kota Menganggarkan anggaran 1,250 Milyar dan hal ini merupakan bantuan yang terbesar untuk PMI di Sumbar sementara Propinsi hanya menganggarkan 1 Milyar, karena kita tahu banyak kelengkapan yang harus dipenuhi oleh PMI”, pungkas Ramlan.

Terlihat hadir pada pembagian doorprize tersebut selain Walikota Ramlan Nurmatias juga hadir Dewan Kehormatan PMI Ismet Amzis, Syarifuddin Djas, Zakirman Rivai, Dedi Fatria,  serta ratusan sukarelawan.

Doorprize yang dibagikan selain sepeda gunung antara lain berupa kulkas, Televisi, dispenser, kompor gas, setrika, rice cooker, payung dll. (Ylm)   

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI