Berita Kota Bukittinggi

Pentingnya Pengelolaan Arsip, Pemko Bangun Gedung Baru Dinas Perpustakaan dan Arsip Tahun 2021




Pemko Bukittinggi sejak tahun 2016 secara bertahap membenahi infrastruktur bangunan gedung pemerintah, terutamanya bangunan gedung SKPD/unit kerja yang menyelenggarakan fungsi pelayanan kepada masyarakat, seperti puskesmas, sekolah, kantor lurah, dll. Pembenahan yang dilakukan tersebut antara lain meliputi penambahan fasilitas, rehabilitasi bangunan ataupun pembangunan gedung baru. Hal ini dimaksudkan, selain untuk mewujudkan kondisi tempat kerja yang kondusif bagi aparatur, agar pelayanan kepada masyarakat dapat terselenggara secara optimal.

.

Untuk tahun 2021, Pemko Bukittinggi direncanakan memiliki bangunan gedung baru kantor Dinas Perpusatakaan dan Arsip yang berlokasi di Jl.Panorama. Sebagaimana disampaikan oleh Wako Ramlan Nurmatias, Rabu (12/02) siang saat meninjau lokasi, pembangunan bangunan gedung baru kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip tersebut merupakan hal yang mendesak dikarenakan kondisi bangunan kantor saat ini yang berlokasi di Belakang Balok tidak memadai lagi untuk mendukung penyelenggaraan tugas dan fungsi dinas tersebut, terutamanya dalam pengelolaan kearsipan. Wako Ramlan menambahkan, arsip/dokumen dalam pemerintahan merupakan hal yang strategis, oleh karenanya perlu dikelola dengan baik, salah satunya melalui penyediaan tempat penyimpanan yang representatif.

.

Dalam perencanaannya, bangunan gedung baru Dinas Perpustakaan dan Arsip tersebut nantinya memiliki 5 lantai, dengan fasilitas selain untuk kantor, juga untuk studio, perpustakaan publik, labor serta depo arsip. Pembangunan gedung tersebut diperkirakan membutuhkan biaya sebesar Rp 50 Milyar yang pengerjaannya akan dlakukan tahun 2021 nanti. Adapun tahun ini dilakukan tahap penyusunan Detail Engineering Desain (DED).

LINK DIREKTORI