Berita Kota Bukittinggi

Pengprov Pordasi Sumbar Lantik Pengcab Pordasi Padang Panjang Periode 2019-2023




Pengurus Cabang Persatuan Olahraga Berkuda (Pordasi) Kota Padang Panjang masa bhakti 2019 – 2023 resmi dilantik. Pelantikan pengurus Pordasi Padang Panjang dilakukan oleh Ketua Pordasi Sumatera Barat H.M.Ramlan Nurmatias, SH bertempat di rumah dinas Walikota Padang Panjang, Senin malam (8/7).

Selain pengurus yang dilantik, tampak hadir Forkopimda Padang Panjang, Sekda, sejumlah Ka.SKPD, kepala Bank Nagari, pengurus cabang Pordasi Solok, Bukittinggi, Payakumbuh, Pariaman dan undangan lainnya. 

Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia Sumatera Barat Ramlan Nurmatias yang juga merupakan Walikota Bukittinggi ini, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Walikota Padang Panjang yang telah mengupayakan kembali kejayaan pacu kuda di Padang Panjang yang sudah cukup lama dan memicu kerinduan warga Padang Panjang dan Sumatera Barat supaya gelanggang pacu kuda Padang Panjang bangkit kembali.   

“gelanggang yang aktif di Sumatera Barat saat ini ada 7, untuk bangkit kembali gelanggang pacuan kuda Padang Panjang dan karena ini adalah alek nagari untuk itu kita harapkan dukungan dari semua pihak, sebagaimana halnya dahulu Belanda membangun lapangan pacuan berada diposisi perbatasan seperti halnya gelanggang Bukit Ambacang yang terletak antara Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Belanda selalu memikirkan dua daerah, untuk silahturrahmi antar nagari dan bahkan ninik mamak kita mengatakan sebagai alek nagari”, ungkapnya.

Kemudian Ramlan juga mengatakan salah satu program Pordasi kedepan adalah mempersiapkan atlit – atlit berkuda dengan melakukan pelatihan ketangkasan berkuda bagi anak – anak sekolah, dimana saat ini sudah banyak yang berani naik kuda. Kita akan kembangkan hal ini di Sumatera Barat, kuda yang dipakai adalah kuda yang sudah afkir untuk balapnya dan yang sudah tua yang tidak memungkinkan lagi untuk juara, sebut Ramlan.

Sementara itu Walikota Padang Panjang Fadly Amran yang baru saja dilantik sebagai Ketua Umum Pengcab Pordasi Padang Panjang mengatakan, sangat berterima kasih kepada ketua dan pengurus Pengprov Pordasi Sumbar yang baru saja melantik pengurus Pengcab Pordasi Padang Panjang, dan berharap sebagai sebuah organisasi akan dijalani dengan profesionalitas keorganisasian serta dapat menghidupkan kembali olahraga pacu kuda di Padang Panjang yang memang sudah menjadi tradisi dari zaman dahulunya.  

“dengan terbentuknya wadah keorganisasian Pordasi ini bagaimana kita bisa bersama – sama menjalin silahturrahmi dan tidak hanya pacu kuda, ini adalah sebuah organisasi yang tentunya juga ada sosialnya dan bagaimana berdampak baik kepada masyarakat. Kita yakin banyak dampak ekonomi dari memelihara kuda , mulai dari yang memotong rumput, perawat kuda, joki, hingga mengembangkan lingkungan disekitarnya menjadi lebih hidup dari sisi ekonomi dan tentunya minat wisatawan untuk hadir di Padang Panjang”, ujarnya.    

Fadly juga mengatakan kalau dulunya pacu kuda di Padang Panjang juga sangat dinanti oleh masyarakat. “didalam visi dan misi kami juga memasukkan adanya alek pacu kuda, dan Alhamdulillah atas izin dari angku – angku dan tokoh – tokoh masyarakat kita, Padang Panjang dianugerahi kesempatan untuk melakukan pacu kuda pada minggu terakhir Oktober 2019 yang akan datang”, ungkap Walikota Fadly yang juga menginginkan Cabor olahraga Berkuda untuk masuk pada Porprov.Sumbar tahun 2022 nantinya.

Adapun mereka yang dilantik sebagai pengurus cabang Pordasi Padang Panjang sesuai dengan SK Pordasi Sumbar Nomor : 03/SKEP/PORDASI-SB/V-2019 adalah ; Ketua Umum H.Fadly Amran, BBA Dt.Panduko Malano dan Wakil Ketua Umum Drs.Asrul. Ketua Harian adalah Fedri, SH, MH, Wakil Ketua  Adraidhis, Ms, Sekretaris Irvan Arifandi, SE St.Rajo Indo, Wakil Sekretaris Delius Putra St.Gindo Marajo, dan Bendahara Adek Irawan.

Bidang-bidang ; Bidang Pacuan, ketua Drs.H.Irwan Yunus, MM, Bidang Organisasi Litbang dan Hukum Ketua, Zulfikri, SE Dt.Gindo Malano, Bidang Peternakan, Kesehatan dan Registrasi Ketua Drh.Indra, Bidang Dana diketuai oleh Drs.Dalius Rajab, Bidang Umum dan Perlengkapan diketuai oleh Syawaluddin Rauf Dt.Gamuak dan BIdang Humas diketuai oleh Drs.Amrizal.N. Masing – masing ketua bidang dibantu oleh wakil ketua dan beberapa orang anggota. (Ylm)

     

LINK DIREKTORI