Berita Kota Bukittinggi

Pemko Jajaki Kerjasama Pengembangan SDM Aparatur Dengan Pemerintah India




Kamis, (08/10/2020), Pjs. Wali Kota Zaenuddin terima kunjungan formal Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, H.E. Mr.Pradeep Kumar Rawat,  di Balai Kota. Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan akrab tersebut, kedua pihak membicarakan banyak hal, antara lain mengenai upaya pemerintah masing-masing menangani kondisi pandemi Covid-19.  


“Kompleksitas tantangan yang dihadapi Pemerintah Indonesia tidak jauh beda dengan (Pemerintah) India. Seperti di Indonesia, masyarakat kami memiliki ragam aktivitas keagamaan dan kebudayaan. Kesamaan inilah yang menurut Saya harus disikapi dengan bijak oleh Pemerintah masing-masing, (bagaimana) mengakomodir berlangsungnya aktivitas masyarakat tersebut, namun juga tetap mengedepankan upaya-upaya pengendalian penyebaran Covid-19,” sebut Dubes Pradeep Kumar Rawat. Lebih lanjut Dubes Pradeep Kumar Rawat paparkan upaya pemanfaatan teknologi informasi oleh Pemerintah India dalam  penyelenggaraan pendidikan di tengah kondisi pandemi saat ini. “India memiliki banyak perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dengan harga jual produk/jasa yang terjangkau bagi masyarakat. Disamping itu, Pemerintah India juga memiliki satu stasiun penyiaran televisi yang khusus menayangkan siaran pendidikan. Keberadaan stasiun televisi tersebut sangat membantu dalam kondisi pandemi seperti saat ini,” ujarnya.                    


Pjs. Wako Zaenuddin juga memaparkan upaya-upaya penanganan pandemi yang telah dilakukan di Indonesia, khususnya di Sumatera Barat. “Provinsi Sumatera Barat telah menerbitkan peraturan daerah (Perda No.6 Tahun 2020_red) dalam rangka penerapan adaptasi kebiasan baru di tengah-tengah masyarakat dalam kondisi pandemi ini. Regulasi tersebut sebagai upaya menyelaraskan pelaksanaan aktivitas masyarakat dengan (upaya) pencegahan dan pengendalian Covid-19. Bahkan, sependek pengetahuan kami, untuk regulasi di tingkat daerah, baru Sumatera Barat yang mengeluarkannya,” ujar Pjs. Wako. 


Dalam pertemuan tersebut, Dubes Pradeep Kumar Rawat juga menyampaikan tawaran kerjasama dari Pemerintah India kepada Pemerintah Kota Bukittinggi, salah satunya berupa program kursus bagi pegawai pemerintah. Program kursus yang pendanaannya ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah India tersebut antara lain meliputi kursus di bidang teknologi informasi, akuntansi, penganggaran, telemedicine, dan lain sebagainya. Program dimaksud diselenggarakan oleh Pemerintah India dalam rangka berbagi pengalaman yang dilandasi semangat “satu dunia satu keluarga” sebut Dubes.


Pjs. Wako Zaenuddin menyambut baik tawaran kerjasama dari Pemerintah India. Pjs. Wako sebutkan akan menugaskan Kepala SKPD terkait untuk mengkaji tawaran tersebut disesuaikan dengan kebutuhan Pemerintah Kota Bukittinggi. Pjs. Wako Zaenuddin tidak menampik pengembangan sumber daya manusia aparatur Pemko di bidang kepariwisataan, pendidikan dan kesehatan merupakan hal yang menjadi perhatiannya karena bidang-bidang tersebut merupakan sektor unggulan kota Bukittinggi.

LINK DIREKTORI