Berita Kota Bukittinggi

Pemko Bukittinggi Kembali Raih Kota Teraktif Dalam Pelaksanaan Verifikasi dan Validasi Data Terpadu dan Orang Tidak Mampu


Untuk kedua kalinya ditahun 2019 ini  Pemerintah Kota Bukittinggi  melalui Dinas Sosial menerima penghargaan dari  Kementerian Sosial  RI  Bapak Agus Gumilang  Kartasasmita  Pada tanggal 3 Juli 2019 di Redtop Hotel Jakarta  Yang pada kesempatan ini diterima oleh Ade Mulyani ( Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia ) atas prestasi yang telah diraih karena telah aktif  dalam pelaksanaan proses Verifikasi dan Validasi data Terpadu dan Orang Tidak Mampu dengan menggunakan Aplikasi  Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SiksNg ), dimana sebelumnya tahun  2018  Dinas Sosial juga telah menerima penghargaan yang sama diberikan langsung oleh Menteri Sosial RI Bpk. Idrus Marham kepada Kepala Dinas Sosial  Dra. ELLIA MAKMUR.MM di  jakarta pada bulan April 2018.

Ini  semua tidak lepas dari Kepala Daerah yang telah memberikan dukungan baik dari segi Angaran, Kebijakan serta pemanfaatan  SDM yang   tersedia.

Dalam Arahannya Menteri Sosial juga menekankan bahwa pengolahan dan pemuktahiran data merupakan hal yang esensial semua keberhasilan program bergantung dari baik atau buruknya data, oleh karena itu dalam kaitannya dengan pembangunan kesejahteraan sosial, data menjadi kunci yang tidak bisa ditawar karena dinamika yang ada dilapangan sangat tinggi, maka dari itu Pusat Data dan informasi Kementerian Sosia RI Melalui Dinas Sosial Seluruh Indonesia salah satunya Bukittinggi yang sangat aktif dalam pengolahan Data  terpadu Kesos menggunakan Aplikasi SiksNg dalam penginputan data kemiskinan tepat sasaran.

Melalui Aplikasi SiksNg, Pemda dapat mengelola data masing masing secara Online, Transparan, mudah dan cepat. Dalam arahannya  Kepala Pusat Data dan Informasi  (Pusdatin ) menyampaikan  Aplikasi SiksNg di Tahun 2019 ini telah terpilih juga sebagai  TOP 99 Inovasi  Pelayanan Publik 2019 oleh Kementerian  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Layanan Publik dalam memberikan manfaat bagi masyarakat secara langsung maupun tidak langsung .

Aplikasi SiksNg memuat data rumah tangga dengan status sosial ekonomi rumah tangga (ruta) 40% terrendah yang meliputi data demografi, pendidikan, kesehatan, perumahan, kepemilikan aset, dan kepesertaan program bansos/subsidi yang diterima Ruta tersebut,

Verifikasi dan Validasi data sangat penting dilaksanakan untuk mewujudkan data yang akurat,termuktahirkan (up to date) dan terintgrasi dalam satu data dengan demikian akan terwujud ketepatan sasaran penerima manfaat program penyelenggaraan kesejahteraan sosial.mudah – mudahan Kota Bukittinggi bisa mempertahankan prestasi ini .

LINK DIREKTORI