Berita Kota Bukittinggi

Pastikan Berjalan Lancar, Walikota Ramlan Tinjau Langsung Pemotongan Hewan Qurban disejumlah Masjid dan Mushalla




Guna memastikan pemotongan hewan qurban berjalan lancar, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, meninjau secara langsung pelaksanaan pemotongan hewan qurban di sejumlah Masjid dan Mushalla di tiga Kecamatan dalam Kota Bukittinggi, Sabtu (2/9).

“Jumlah hewan qurban  yang akan disemblih di Bukittinggi tahun ini sebanyak 960 ekor dengan rincian Sapi sebanyak 895 ekor dan Kambing sebanyak 65 ekor. Sedangan pada tahun 2016 yang lalu hewan qurban sejumlah 921 ekor, Sapi sebanyak 874 ekor dan Kambing sebanyak 47 ekor yang artinya ada peningkatan pada tahun 2017 ini dibandingkan dengan tahun lalu sebesar 4,23 % yang dilaksanakan tersebar di 103 lokasi,” tutur Walikota Ramlan.

Walikota Bukittinggi yang sengaja langsung turun ke lapangan tersebut guna memastikan kondisi hewan qurban yang disemblih dalam keadaan sehat dan layak untuk dikonsumsi serta setiap pelaksanaannya sesuai dengan ajaran Islam. Disamping itu walikota juga memberikan saran kepada pengurus dan panitia qurban disetiap Masjid dan Mushalla yang dikunjungi agar tidak menggunakan plastik kresek berwarna hitam karena berasal dari daur ulang yang disinyalir mengandung bahan berbahaya untuk kesehatan.

“kita ingin pastikan kondisi hewan qurban dalam keadaan sehat dan layak untuk dikonsumsi serta berjalan lancar sesui dengan ajaran Islam. Kepada pengurus atau panitia qurban dihimbau agar tidak menggunakan tas kresek berawarna hitam karena berasal dari bahan daur ulang yang mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan untuk itu diminta agar menggunakan tas kresek berwarna putih atau gunakan plastik bening,” tambah Ramlan.

Untuk Kota Bukittinggi pemotongan hewan qurban dilakukan dengan waktu yang bervariasi, ada hari Jumat setelah Shalat Id, ada hari Sabtu dan bahkan ada yang hari Minggu. Pada hari Sabtu  Penyembelihan dilakukan rata – rata mulai pada pukul 08.00 pagi dan diperkirakan setelah shalat Zuhur semua daging qurban sudah bisa dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Ramlan juga menyarankan kepada panitia yang merasa kesulitan dalam pembersihan sisa kotoran  hewan dalam pelaksanaan qurban nantinya dapat memanfaatkan kendaraan mobil Pemadam Kebakaran untuk penyiraman.  

Kehadiran Walikota ditengah – tengah masyarakat tersebut dengan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu membuat masyarakat merasa sangat suprise dan senang. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mencurahkan keluh kesahnya tentang pelaksanaan pembangunan di daerah masing – masing maupun tentang pembangunan Masjid atau Mushalla yang sedang mereka laksanakan.

Saat peninjauan ke Masjid dan Mushalla ini Walikota Bukittinggi di dampingi oleh camat masing –masing Kecamatan dan Kabag. Humas Setdako Bukittinggi. pada hari kedua Idul Adha ini lokasi yang dikunjungi antara lain, Masjid Mukhlisin Manggis Ganting, Masjid Gansala, Masjid Agung Tengah Sawah, Mushalla Al Ikhlas Birugo, Masjid Jami’ Aur Kuning, Masjid Jami’ Tigo Baleh dan Masjid Nurul Iman. (ylm)

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI