Berita Kota Bukittinggi

Menuju Smart Province, Gubernur Pimpin Teleconference Persiapan PILKADA Serentak Sumbar Tahun 2020




Dalam rangka persiapan Pemilu Kepala Daerah (PILKADA) Serentak Propinsi Sumatera Barat Tahun 2020, Rabu (5/2) dari ruangan Sumbar Command Center, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, memimpin pelaksanaan rapat melalui media teleconference dengan 4 (empat) Kabupaten/Kota. Kabupaten/Kota tersebut adalah Kota Bukittinggi, Kota Solok, Kab.Solok dan Kab.Dharmasraya. Peserta rapat terdiri dari unsur Pemerintah Daerah, Polres, Kodim, KPU, Bawaslu serta SKPD terkait. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur menanyakan persiapan yang telah dilakukan masing-masing Kab/Kota terkait dengan penyelenggaran PILKADA tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi, Yuen Karnova, mewakili Pemko Bukittinggi, bertempat  di ruang Bukittinggi Command Center (BCC) menyampaikan, persiapan penyelenggaraan PILKADA 2020 di Kota Bukittinggi sejauh ini berjalan lancar sesuai dengan jadwal. Lebih lanjut, Sekda Yuen menyampaikan Pemko Bukittinggi dalam APBD Tahun Anggaran 2020 telah mengalokasikan anggaran sebesar total Rp 18,1 milyar untuk dukungan pendanaan penyelenggaraan PILKADA 2020. Dukungan pendanaan dimaksud dialokasikan dalam bentuk Hibah denganperincian peruntukan  sebagai berikut: Rp 12 milyar untuk KPU; Rp 4 milyar untuk Bawaslu; Rp 1,3 milyar untuk Polres; dan Rp 250 juta untuk Kodim. Sekda juga memaparkan bahwa jumlah TPS di Kota Bukittinggi sebanyak 200 TPS dan jumlah pemilih sebanyak 81.447 pemilih.

Dalam kesempatan yang sama, 3 (tiga) Kab/Kota lainnya juga menyampaikan pemaparan yang senada. Mengakhiri rapat, Gubernur menyampaikan bahwa rapat monitoring penyelenggaraan PILKADA 2020 melalui teleconference ini pada kesempatan berikutnya diupayakan untuk bisa diikuti oleh Kab/Kota lainnya di Sumatera Barat yang saat ini belum bisa berpartisipasi kendati pada beberapa Kabupaten/Kota masih terkendala terkait kelancaran akses internet.

LINK DIREKTORI