Berita Kota Bukittinggi

Majelis Ulama Kurai (MUK) Gelar Pelatihan Mubaligh


Wakil Walikota Bukittinggi H.Irwandi, SH membuka pelatihan Mubaligh bagi pengurus masjid dan generasi muda yang diselenggarakan oleh Majelis Ulama Kurai (MUK) V Jorong yang dikuti oleh 47 orang peserta dan merupakan utusan dari 8 masjid jamik dan 6 masjid lainnya yang ada di Kota Bukittinggi bertempat di lantai dua Masjid Jamik Birugo Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Minggu (28/5).

Menurut Khamidir Tk.Nan Elok yang merupakan sekretaris MUK dan sekaligus sebagai panitia pelaksana menyampaikan bahwa “pelatihan Mubaligh ini merupakan program dari MUK yang sebelumnya telah dilaksanakan pelatihan penyelenggraan sholat jenazah di beberapa masjid jamik yang telah diikuti oleh 350 orang peserta,” jelasnya

Kemudian dikatakan, “Tujuan dari pelatihan ini adalah agar disetiap masjid nantinya apabila mubalighnya ada yang berhalangan datang maka telah ada yang siap untuk menggantikannya, sedangkan pemateri berasal dari pondok pesantren Parabek, Kemenag Bukittinggi dan ketua MUK Firdaus Rivai Tk.Rumah Panjang dengan 9 kali pertemuan setiap hari Sabtu dan Minggu selama bulan Ramadhan,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Walikota Irwandi saat pembukaan mengatakan bahwa, “pelatihan ini sangat kami apresiasi yang luar biasa dari Pemerintah Kota Bukittinggi, karena yang menjadi dasar pemikiran dari MUK adalah keprihatinan terhadap kondisi kita kedepan. Prinsipnya apapun kegiatan yang merupakan kebaikan untuk nagari insyaAllah kami akan berikan dukungan dari Pemerintah Kota, ini adalah komitmen kami dengan Bapak Walikota, seperti yang kita lakukan saat ini,” ujar Irwandi.

Selanjutnya disampaikan bahwa, “bila kita ikuti dimedia social dan elektronik, banyak hal  penafsiran – penafsiran, pengungkapan - pengungkapan yang pada prinsipnya ada kondisi – kondisi yang terbangun atau sengaja dimunculkan dan menimbulkan konflik – konflik horizontal, kita berharap bagaimana setiap mubaligh dan khatib dapat menyejukkan ummat.

Walaupun ditingkat Forkompimda selalu dbicarakan maupun ditingkat MUK dan oleh tokoh – tokoh masyarakat sehingga bagaimana prinsipnya kondisi di kota ini bisa terjamin, tetapi yang penting secara besama – sama kita jaga ketertiban, kita jaga kenyamanan dan keamanan setiap umat muslim yang melakukan ibadah di bulan Ramadhan ini,” ungkap Wakil Walikota Irwandi.

Selanjutnya diakhir sambutannya dikatakan bahwa, “pelatihan ini merupakan motivasi yang luar biasa dan mudah-mudaha kedepan, banyak kegiatan yang bisa kita bersamakan untuk menguatkan tidak saja dalam konteks kita beribadah tetapi juga moment menguatkan silahturrahmi kita khususnya masyarakat kurai yang ada dikampung halaman,” tambahnya. (ylm)

 

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI