Berita Kota Bukittinggi

Kelompok Dasa Wisma Asoka II Kel. Pakan Labuah Menuju Terbaik Tingkat Sumatera Barat




Menjadi satu dari lima nomine Lomba Kelompok Dasa Wisma Terbaik Tingkat Prov. Sumatera Barat Tahun 2021, hari Kamis (18/02/2021) bertempat di Hall Balai Kota Bukittinggi, Gulai Bancah, Dasa Wisma Asoka II Kel. Pakan Labuah dinilai oleh Tim Penilai dari Tim Penggerak PKK (TP PKK) Prov. Sumatera Barat. Turut hadir dalam kegiatan penilaian tersebut Plt. Asisten II Setda, Plh. Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, Kepala Dinas P3APPKB, Camat ABTB, Lurah Pakan Labuah serta anggota Dasa Wisma Asoka II dan tamu undangan lainnya. Tim Penilai dari TP PKK Prov. Sumatera Barat berjumlah lima orang yang diketuai oleh Ny. Daslinar (Wakil Ketua III TP PKK Prov. Sumbar).   

 

Ny. Is Yuen Karnova, Plh. Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, sebutkan kelurahan Pakan Labuah beberapa waktu lalu juga telah mengukir prestasi dengan berhasilnya Posyandu Mawar menempati 6 besar posyandu terbaik tingkat Nasional. “Keberhasilan Dasa Wisma Asoka II Kelurahan Pakan Labuah sebagai salah satu calon dasa wisma terbaik tingkat provinsi patut kita syukuri dan sambut gembira. Semoga Dasa Wisma Asoka II berhasil menjadi yang terbaik. Ini semua berkat dukungan segenap elemen masyarakat di Kel. Pakan Labuah,” ujarnya.      

 

Sementara itu, Plt. Asisten II Setda, Isra Yonza, mewakili Plh. Wali Kota Bukittinggi dalam sambutannya sampaikan Pemerintah Kota Bukittinggi sangat terbantu dengan 10 Program Pokok PKK dalam menjalankan fungsi pelayanan kepada masyarakat. “Semoga Tim Penggerak PKK dari tingkat kelurahan sampai tingkat kota senantiasa bersama masyarakat, karena kekuatan dalam pembangunan tercapai apabila potensi masyarakat berpadu dengan kemampuan yang dimiliki Pemerintah,” ujar Isra. “Semoga Dasa Wisma Asoka II Kel. Pakan Labuah dapat menjadi yang terbaik di tingkat provinsi Sumatera Barat,” harapnya. 

 

Dasa Wisma Asoka II Kel. Pakan Labuah yang terbentuk tahun 2015 tersebut berlokasi di Perumahan Darussalam, Kapalo Koto, dan diketuai Efmi Maiyana, S.Kom, M.Kom. Selain melaksanakan kegiatan-kegiatan 10 Program Pokok PKK, Dasa Wisma Asoka II juga melakukan inovasi-inovasi, antara lain, pemanfaatan teknologi tepat guna, yakni penggunaan aplikasi untuk pengisian data warga dan memiliki laman (website) yang berisikan informasi kegiatan warga serta pemanfaatan market place untuk memasarkan hasil kebun yang diolah oleh anggotanya. Selanjutnya, dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, Dasa Wisma Asoka II mendirikan Pondok Tahfiz Qur’an (TPQ), memiliki warung untuk menampung produk-produk UMK masyarakat sekitar, dan lainnya.       

 

Lomba dasa wisma tingkat provinsi Sumatera Barat pada tahun ini memasuki tahun ke tujuh penyelenggaraannya. Ketua Tim Penilai, Ny. Daslinar sebutkan kegiatan penilaian lapangan oleh Tim tahun ini dilaksanakan dalam bentuk presentasi oleh peserta kepada Tim, tidak lagi berupa peninjauan langsung ke lokasi disebabkan kondisi pandemi Covid-19. Lebih lanjut ia juga sampaikan peran ketua Dasa Wisma sangat krusial dalam menggerakkan anggotanya agar kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik. Ia juga sebutkan pentingnya peran dasa wisma sebagai ujung tombak PKK. “Aktifnya PKK di tingkat kota sangat ditentukan dengan aktif-tidaknya dasa wisma, karena basis kegiatan dasa wisma berada di tingkat RW dan RT,” ujar Daslinar.

LINK DIREKTORI