Berita Kota Bukittinggi

Jelang Idul Adha 1440 H, Pemko dan PHBI Bukittinggi Gelar Rapat Persiapan




Guna persiapan pelaksanaan Malam Takbiran dan Shalat Hari Raya  Idul Adha 1440 H / 2019 M, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bukittinggi mengelar rapat persiapan dengan unsur terkait di ruang rapat utama lantai III Balaikota Bukittinggi, Kamis (1/8).

Rapat yang membahas tentang teknis pelaksanaan kegiatan serta upaya memeriahkan dengan kegiatan Bukittinggi Bertakbir hingga tempat pelaksanaan shalat Idul Adha ini  dihadiri oleh Wakil Walikota Irwandi, Kepala Kemenag, Ketua PHBI, perwakilan dari Polres dan Kodim serta SKPD terkait.

Zulfikar Kasubag Tata Usaha Kemenag yang mewakili Kakan. Kemenag Bukittinggi mengatakan bahwa 1 Dzulhijjah 1440 H nantinya akan jatuh pada tanggal 2 Agustus 2019 M, dengan demikian 10 Dzulhijjah nantinya akan jatuh pada hari Minggu tanggal 11 Agustus 2019 M, sebutnya

Kemudian Zulfikar juga menyampaikan bahwa yang akan bertindak sebagai khatib pada shalat Idul Adha nantinya adalah DR.M.Khasim, MA yang merupakan dosen UIN Imam Bonjol Padang sedang sebagai Imam adalah Buya H.Ali Amran, untuk pelaksanaan shalat Idul Adha akan dipusatkan di lapangan wirabraja atau lapangan kantin Bukittinggi, ungkapnya.

Sementara itu Wakil Walikota Irwandi menyampaikan bahwa kegiatan ini nantinya diawali pada satu hari sebelum hari H setelah shalat Ashar dengan musik yang bernuansa Islami dengan menampilkan kesenian dari MTsN dan MAN serta dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dan kemudian malamnya dilanjutkan dengan “Bukittinggi Bertakbir” yang dilaksanakan di pelataran taman Jam Gadang.

“Bukittinggi Bertakbir nantinya akan diisi dengan Tausiah agama dan penampilan seni bernuansa Islami serta kumandang takbir oleh Ipqah Kota Bukittinggi dan diakhiri dengan pemukulan bedug oleh Walikota bersama Forkompimda. Untuk suskesnya acara dimaksud diharapkan kehadiran masyarakat, seluruh majelis taklim yang ada di Bukittinggi,  para siswa dan juga keterlibatan seluruh SKPD, publikasi sangat diperlukan agar semua warga kota secara emosional terlibat dan diharapkan menggunakan pakaian yang bernuansa putih”, ungkapnya.

Untuk pelaksanaan shalat Idul Adha pada hari H, Forkompimda bersama Khatib dan Imam berangkat dari rumah dinas Walikota Belakang Balok dan bersama – sama kelapangan dan setelah itu ada open house di rumah dinas Walikota dan Wakil Walikota.

Kemudian juga disampaikan apabila hari hujan, kegiatan Bukittinggi Bertakbir dipindahkan ke Rumah Dinas Walikota dan Shalat Idul Adha dipindahkan ke Masjid Al Anif Kodim. (Ylm)

LINK DIREKTORI