Berita Kota Bukittinggi

Indeks Ketahanan Pangan Terus Meningkat, Bukittinggi Raih Penghargaan "Kota Dengan Ketahanan Pangan Terbaik 2018-2020"


Badan Ketahanan Pangan, Kemeterian Pertanian RI, memberikan penghargaan kepada kota Bukittinggi sebagai "Kota Dengan Ketahanan Pangan Terbaik Periode 2018-2020". Penghargaan itu diberikan atas prestasi kota Bukittinggi dalam meningkatkan situasi ketahanan pangan-nya selama kurun waktu 2018-2020. Penilaian dilakukan oleh Badan Ketahanan Pangan terhadap 98 kota di seluruh Indonesia.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat Efendi kepada Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi Ismail, pada saat pelaksanaan Rapat Koordinasi Pembangunan Pangan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 di Pangeran Beach Hotel, Padang, Kamis (08/07/2021). 

Kepala Dinas Pertanian Kota Bukittinggi Ismail mengatakan, indikator yang digunakan oleh Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan RI dalam mengukur ketahanan pangan tingkat Kota ini adalah Aspek Keterjangkauan Pangan dan Aspek Pemanfaatan Pangan melalui angka Indeks Ketahanan Pangan (IKP). Hasil dari pengukuran yang dilakukan sejak tahun 2018 hingga tahun 2020 memperlihatkan bahwa kota Bukittinggi terus mengalami peningkatan situasi ketahanan pangan. 

Ismail melanjutkan, pada tahun 2018 skor IKP kota Bukittinggi adalah 83,45 (peringkat 10 seluruh Indonesia). Pada tahun 2019 naik menjadi 88,02 (peringkat 4) dan naik kembali pada tahun 2020 menjadi peringkat 2 seluruh Indonesia dengan skor IKP 89,01. Hanya selisih 4,31 dari kota Denpasar yang memiliki skor IKP 93,32. 

Badan Ketahanan Pangan juga memberikan penghargaan ini kepada provinsi dan kabupaten dengan ketahanan pangan terbaik di Indonesia. Penghargaan yang diterima kota Bukittinggi terasa istimewa karena menjadi satu-satunya daerah di wilayah Provinsi Sumatera Barat yang memeroleh penghargaan Ketahanan Pangan Terbaik Periode 2018-2020.

Wako Erman Safar atas nama Pemko Bukittinggi merasa sangat bangga karena Bukittinggi menjadi satu-satunya daerah yang menerima penghargaan ini di Sumatera Barat. “Semoga pada tahun-tahun yang akan datang kita mampu terus meningkatkan ketahanan pangan kota Bukittinggi untuk kesejahteraan masyarakat Bukittinggi, terutama dalam pemenuhan kebutuhan pangan yang cukup, beragam, bergizi seimbang dan aman,” ujarnya. (fika)

LINK DIREKTORI