Berita Kota Bukittinggi

HUT ke 59, Gapopin Gelar Rakernas di Bukittinggi




Pengurus Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (Gapopin) seluruh Indonesia gelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas), di Balai Sidang Hatta, Bukittinggi, Sumatera Barat, Minggu (28/10). Rakernas dibuka langsung oleh Walikota Bukittinggi didampingi Ketua Gapopin pusat dan Gapopin Sumbar.

Meri Saputra, Ketua Gapopin Sumbar, menjelaskan, Rakernas gabungan pengusaha optik Indonesia (Gapopin) ini sekaligus memperingati HUT Gapopin ke 59. “Terima kasih kepada seluruh peserta rakernas dan pengurus pusat karena mempercayakan Sumbar sebagai penyelenggara rakernas. Semoga dapat hasil maksimal,” ujarnya singkat.

Ketua Gapopin Pusat, Satiawan Pratadaja, menyampaikan, mewakili dewan pimpinan pusat dan pengurus, Gapopin, mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari Walikota. Rakernas menjadi wadah untuk berkumpul bersama, sekaligus membicarakan seluruh pekerjaan yang akan dihadapi, termasuk rencana kerja 1 tahun kedepan, setelah munas 2017 lalu.

“Pemilihan bukan tanpa dasar. Pengurus yang ditunjuk harus dapat bekerja maksimal hingga lima tahun depan. Pada rakernas nanti, kita akan yakinkan, Gapopin siap membantu pemerintah demi tercapainya program kesehatan dunia, khususnya untuk kesehatan mata. Sesuai arahah Walikota Bukittinggi, kita juga akan mendekatkan diri dll, berkoordinasi dengan Komisi IX DPR RI,” jelasnya.

23 pengurus daerah mewakili 28 provinsi, yang hadir dalam rakernas ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi dan masukan posiitif dalam optimalisasi kekuatan daerah untuk masa depan Gapopin.

Gapopin tidak hanya berkutat pada bisnis saja, namun juga akan bergerak untuk bidang sosial, seperti CSR dan mengadakan bakti sosial, membagikan kaca mata.

“Tahun depan kita rencanakan diusia ke 60 , Gapopin akan membagikan 60.000 pasang kacamatan untuk masyarakat yang membutuhkan. Kita harwp ini terealisasi dalam rangka membantu masyarakat,” ungkapnya.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengapresiasi kegiatan rakernas Gapopin dan dipilihnya Bukittinggi sebagai kota tempat penyelenggaraannya. Pemerintah kota Bukittinggi siap mendukung kegiatan dari Gapopin yang sifatnya membangun daerah, seprerti saat ini, terkait kesehatan mata.

“Gapopin patut diapresiasi karena telah ikut memikirkan kesehatan masyarakat khususnya di bidang mata. Ini sangat sinergi dengan salah satu visi kota di bidang kesehatan. Ada 14 optik terdaftar di Bukittinggi, kita harapkan semua optik dapat tergabung dalam Gapopin,” ujar Ramlan.

Walikota jua mendorong pelaksanaan Rakernas ini, untuk dapat menghasilkan rekomendasi atau masukan bagi pemerintah. Sehingga pemerintah dapat mengetahui langkah yang akan diambil untuk membantu masyarakat dalam mewujudkan kesehatan mata ini.

“Gapopin juga harus mampu mengelola optik, sarana prasarananya, untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen. SDM di optik harus profesional. Fungsi sosial dari Gapopin juga harus tampak di tengah masyarakat. Untuk Bukittinggi bisa bekerjasama dengan dinas sosial, mendapatkan data BDT dan membantu masyarakat kurang mampu untuk diberikan kacamata, termasuk para pelajar di sekolah. Atas nama pemerintah, kami siap mendukung program Gapopin yang dihasilkan dari Rakernas ini,” jelas Wako. (Ylm)

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI