Berita Kota Bukittinggi

FORIKAN Kota Bukittinggi gelar Masak Serba Ikan dan Jinggle




Untuk peningkatan konsumsi ikan di masyarakat, Forikan Kota Bukittinggi bersama Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Bukittinggi menggelar lomba masak serba ikan dan Jinggle, Jumat (12/5) di pelataran parkir Kantor Badan Keuangan Kota Bukittinggi.

Kegiatan yang mengambil tema “Melalui Lomba Masak Serba Ikan kita Wujudkan Masyarakat Sehat dan Berkualitas” ini dibuka oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias yang dihadiri oleh Wakil Walikota, Perwakilan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Sumatera Barat, Sekda, Ketua GOW, Ketua Dharma Wanita serta Ka.OPD dilingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi.

Peserta lomba merupakan perwakilan yang berasal dari 24 Kelurahan dengan menggunakan bahan ikan Patin sedangkan untuk lomba Jinggle diikuti oleh pelajar SLTA/MA negeri dan swasta di Kota Bukittinggi. Kepada juara I masing – masing pemenang tiap kategori nantinya  akan diikutkan sebagai perwakilan dari Kota Bukittinggi pada lomba tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Ketua Forikan Bukittinggi Ny.Yesi Ramlan yang juga ketua Tim Penggerak PKK Kota Bukittinggi pada laporannya menyampaikan bahwa maksud tujuan daripada lomba ini adalah guna meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola makanan dari sumber masakan serba ikan dan suatu upaya mengeduksi masyarakar agar gemar makan ikan, serta menghasilkan masakan yang mengundang selera serta melalui jingle dapat mempromosikan keanekaragaman bahan pangan dan menyebarluaskan kandungan yang bergizi baik dalam aneka ikan.

Sementara itu Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dalam sambutannya mengapresiasi panitia dalam penyelenggaraan lomba masak serba ikan ini, dan dikatakan kuncinya adalah terletak pada ibu – ibu. “gemar memakan ikan kuncinya terletak pada ibu rumah tangga, karena apa yang disajikan oleh ibu – ibu pasti anak – anak dan suami akan memakannya, untuk itu diperlukan inovasi dari pada ibu – ibu dalam mengolah masakan ikan tersebut,” ungkapnya.

Pasokan ikan ke Bukittinggi setiap harinya mencapai 3 ton/hari yang terdiri dari ikan laut dan air tawar yang datang dari Payahkumbuh dan Agam. Untuk itu kepada Dinas Pertanian dan Tanaman pangan agar mempromosikan melalui spanduk dan baliho agar masyarakat gemar makan ikan, karena makan ikan itu baik dari anak dalam kandungan sampai lansia, kalau tidak disosialisanakan dan diinformasikan tentu masyarakat tidak akan tahu, ujar Walikota.

Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Walikota meminta agar disetiap pertemuan dengan orang tua murid selalu disosialisaikan Gerakan Makan Ikan ini dengan melibatkan Forikan Bukittinggi, begitupun disetiap hotel harus selalu disediakan menu yang menggunakan ikan.

Dewan juri yang melakukan penilaian terdiri dari utusan Dinas Perikanan dan Kelautan Prov.Sumbar, Dinas Kesehatan Kota dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, dengan unsur yang dinilai terdiri dari kualitas, penyajian, cita rasa dan hygiene serta nilai gizi, dengan tiga kategori yakni Menu Keluarga, Menu Kudapan dan Menu Balita.

Keluar sebagai pemenang pada kategori Menu Keluarga Juara I Kel.Kayu Kubu, Juara II Kel.Ladang Cakiah, Juara III Kel.Birugo. Untuk Kategori Menu Kudapan, Juara I Kel.Ladang Cakiah, Juara II Kel.Pasar Atas, Juara III Kel.Manggis Gantiang. Kategori Menu Balita Juara I Kel.Kayu Kubu, Juara II Kel.Bukit Cangang Kayu Ramang, Juara III Kel.Belakang Balok sedangkan untuk Jinggle keluar sebagai juara I SMA N 2, Juara II SMA N 3, Juara III SMA N 4 dan Juara Harapan SMA N 1. (ylm)

 

 

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI