Berita Kota Bukittinggi

Fadhil dan Lidya Duta Wisata Bujang Jo Gadih Bukittinggi 2019




Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan olahraga sukses menggelar Malam Anugerah Duta Wisata Bujang jo Gadih Kota Bukittinggi tahun 2019 di Balai Sidang Bung Hatta Bukittinggi, Sabtu (24/8) malam.

Acara yang dihadiri oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias beserta Wakil Walikota Irwandi, Ketua DPRD dan Forkopimda, beserta Kepala SKPD dan orang tua peserta serta perwakilan Duta Wisata Kabupaten / Kota se Sumatera Barat dan ratusan penonton tersebut menjadi saksi penobatan M.Fadhil Maulana Saphietra yang merupakan mahasiswa UPI YPTK Padang sebagai Bujang Kota Bukittinggi tahun 2019 dan Lidya Permata Lestari Mahasiswa Universitas Malikul Saleh Aceh sebagai Gadih Kota Bukittinggi tahun 2019 dan sekaligus mereka berhak untuk mewakili kota Bukittinggi pada ajang pemilihan yang sama di tingkat Provisi Sumatera Barat.  

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi Erwin Umar mengatakan, pemilihan Bujang jo Gadih ini merupakan kegiatan tahunan guna membentuk generasi muda Bukittinggi yang berintegritas dan nantinya dapat mempromosikan kepariwisataan Kota Bukittinggi.

“dengan pemilihan duta wisata Bujang jo Gadih ini kita gali peran generasi muda dalam mempromosikan kepariwisataan kota Bukittinggi disamping itu kegiatan ini juga mencari perwakilan kota Bukittinggi nantinya ketingkat Provisi Sumatera Barat dan Nasional”, ujarnya.

Erwin juga mengatakan, finalis yang berjumlah 20 orang atau 10 pasang ini telah melalui tahap seleksi yang cukup ketat sebelumnya. Dimana pada awal pendaftaran berjumlah 116 orang dan yang mengikuti seleksi 61 orang sehinga terpilih 20 finalis dan juga telah dilakukan pembinaan kepada mereka melalui karantina pada tanggal 19 s/d 22 Agustus 2019 di Hotel Ambun Suri, ungkapnya.  

Sementara itu Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bukanlah hanya seremonial belaka, namun ada hal – hal positif yang kita ambil dari ajang pemilihan ini. Kegitan ini telah mampu membentuk generasi muda yang mengerti budaya.

“saya berharap anak – anak kita ini nantinya akan dapat sebagai penyambung lidah daripada pemerintah dalam hal mempromosikan khususnya kepariwisataan kota wisata ini, untuk itu mereka juga harus dibekali dengan pengetahuan sejarah kota, tokoh – tokoh agama dan adat, juga tentang visi dan misi pemerintah kota serta arah pengembangan kepariwisataan Bukittinggi kedepannya”, ujar Walikota Ramlan.

Kemudian Ramlan juga mengucapkan terima kasih kepada dewan juri yang telah bekerja keras untuk melakukan penilaian dan pembinaan serta memberikan pembekalan kepada generasi muda ini, sehingga mereka mampu menjadi remaja yang dapat menggali kemampuan dan potensi diri serta diharapkan memberikan kontribusi bagi kemajuan daerah, harapnya.

Acara yang dikemas dengan tata cahaya yang apik ini juga menampilkan tari – tarian khas minang oleh sanggar Dulamak Kaco, ISI Padang Panjang serta penampilan penyanyi Windra Idol dan Kintani.

Bertindak selaku dewan juri pada pemilihan duta wisata Bujang jo Gadih ini adalah Syamsir Oktriandi (bidang Pemerintahan dan pengetahuan umum), Efni (bidang adat dan budaya Minangkabau), Miss Men (Bahasa Inggeris), Wendi Chandra (bidang etika dan kepribadian).

Hasil lengkap pemenang dari pemilihan ini adalah, M.Fadhil Maulana Saphietra (Bujang 2019), Lidya Permata Lestari (Gadih 2019), Yoga Aditya H (Wakil I Bujang), Asratul Aini (Wakil I Gadih), Taufik Hamzah (Wakil II Bujang), Fahira Mumtaz (Wakil II Gadih), Mafazi Rahman S (Bujang Favorit), Mulia Ayu Ningsih (Gadih Favorit), Yashinta Dewi (Duta Budaya), Silva Rahmita( Duta Intelegensia), M.Ahli Shabri MS (Bujang favorit social media), Yashinta Dewi (Gadih favorit Sosial Media). (Ylm)    

 

LINK DIREKTORI