Berita Kota Bukittinggi

Duta Besar India Kunjungi Bukittinggi




Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, H.E. Mr.Pradeep Kumar Rawat, Rabu (07/10), lakukan kunjungan ke kota Bukittinggi. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kunjungan Dubes India ke Sumatera Barat. Menyambut kedatangan Dubes India, Pjs. Wali Kota Bukittinggi Zaenuddin adakan jamuan di rumah dinas Wali Kota, Rabu malam. Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Yuen Karnova serta Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi.  


“Merupakan sebuah kehormatan bagi Saya dan kota Bukittinggi untuk menyambut kedatangan Yang Mulia Bapak Pradeep Kumar Rawat beserta rombongan dalam agenda kunjungan ke Provinsi Sumatera Barat,” sebut Pjs. Wako dalam sambutannya. Lebih lanjut, Pjs. Wako Zaenuddin sampaikan kunjungan Dubes Pradeep Kumar Rawat merupakan momentum untuk membuka dialog tentang kepentingan bersama (mutual interest) antara India dan Sumatera Barat, khususnya dengan Bukittinggi. “Kami bersemangat menantikan kunjungan formal Yang Mulia Bapak Duta Besar besok (Kamis_red). Semoga dalam agenda kunjungan tersebut kita dapat membicarakan hal-hal yang membawa nilai kebaikan dan manfaat yang lebih baik bagi kedua pihak,” ujar Zaenuddin menutup sambutannya.                 


Sementara itu dalam sambutan balasan, H.E. Mr.Pradeep Kumar Rawat menyatakan terkesan dengan sambutan hangat dan ramah Pemko Bukittinggi. Ia juga menyampaikan kunjungannya ke Sumatera Barat merupakan untuk kali yang pertama dan Ia juga sangat terkesan dengan keindahan alam serta beraneka bentuk kesenian dan kerajinan tangan Minangkabau. “Masyarakat Sumatera Barat memiliki kultur yang sama dengan masyarakat India, yakni keuletannya dalam berniaga,” ungkap Dubes. “Selain itu, seni tari dan produk kerajinan Minang juga memiliki karakteristik yang sama dengan India, ia membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam proses pengerjaannya,” lanjutnya lagi. Lebih lanjut Dubes Pradeep Kumar Rawat juga ungkapkan kekagumannya kepada Bung Hatta (wakil presiden pertama Indonesia) dan menyebutkan bahwa pemikiran-pemikiran Bung Hatta memiliki banyak kesamaan dengan Mahatma Gandhi (pejuang kemerdekaan India). Dubes Pradeep Kumar Rawat juga menyatakan antusiasnya untuk menjalin hubungan kerjasama dengan Sumatera Barat, khususnya Bukittinggi. Acara jamuan ditutup dengan penyerahan cenderamata dari Pjs. Wako Zaenuddin beserta istri kepada Dubes Pradeep Kumar Rawat dan istri.

LINK DIREKTORI