Berita Kota Bukittinggi

Bulan Bhakti Dasa Wisma 2018 Bukittinggi Dicanangkan




Guna menumbuhkan rasa kebersamaan,  kesadaran kegotong-royongan dan tanggung jawab serta meningkatkan peran keluarga dalam pelaksaaan 10 program pokok PKK, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mencanangkan Bulan Bhakti Dasa Wisma 2018 yang digelar bersamaan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional  (HPSN) Tahun 2018 di pedestrian Taman Jam Gadang, Jumat (9/3).

Pencanangan Bulan Bhakti tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Walikota Ramlan Nurmatias didampingi Wakil Walikota Irwandi, anggota Forkompimda, Ketua TP PKK Ny.Yesi Ramlan, Ketua GOW Ny.Khadijah Irwandi, Sekda Yuen Karnova dan Ketua DW Persatuan Ny.Is Yuen Karnova, yang dihadiri oleh Kepala SKPD, Ketua TP PKK kecamatan dan Ketua TP PKK Kelurahan beserta Ketua dan pengurus Dasa Wisma Kelurahan, tokoh masyarakat, Bundo Kanduang dan ratusan pelajar.

Ny.Yesi Ramlan mengatakan bahwa kelompok dasa wisma merupakan motor penggerak dan ujung tombak dari gerakan PKK, dasa wisma menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari PKK yang direalisasikan dalam kelompok organisasi 10 sampai 20 rumah disuatu wilayah RT yang diketuai oleh seorang ketua dengan tujuan membantu TP PKK Kelurahan.

“Kelompok dasa wisma sebagai ujung tombak PKK harus terus meningkatkan perannya sebagai ujung tombak dalam meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat, melalui dasa wisma diharapkan dapat membantu sekaligus mengantisipasi muncul serta berkembangnya penyakit masyarakat”, ujarnya.

Kemudian Yesi juga menyampaikan bahwa Kelompok dasa wisma dan posyandu merupakan salah satu institusi yang sangat potensial yang ada di akar rumput, saya sangat berharap kepada seluruh Bapak Lurah dan Ketua TP PKK seluruh Kelurahan pada momen Bulan Bhakti ini agar segera mengaktifkan kembali kelompok dasa wisma yang tidak aktif diseluruh Kelurahan kita, harapnya.

Selanjutnya dikakatan, TP PKK harus betul – betul menyelenggarakan penyuluhan – penyuluhan baik secara umum maupun pelaksanan 10 program Pokok PKK lainnya. Informasikan pula kegiatan pendidikan, pembinaan sikap mental khsusnya bagi anak remaja, serta menghilangkan kekerasan dalam rumah tangga, pungkasnya.

Sementara itu Walikota Ramlan dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran PKK sangatlah strategis dan sangat besar perannya dalam berbagai program pembangunan yang dilakukan pemerintah khususnya dalam peningkatan kesejahteraan keluarga.

“PKK sebagai mitra pemerintah sangatlah membantu dalam setiap pelaksanaan program pemerintaan khususnya dibidang peningkatan kesejahteraan keluarga, ketahanan keluarga dan pengentasan kemiskinan serta pemberdayaan masyarakat”, ujarnya.

Kemudian Ramlan juga mengapresiasi ide dari ketua TP PKK Kota Bukittinggi dalam membentuk Sekolah Keluarga yang telah dicanangkan beberapa waktu yang lalu dengan tujuan menginginkan sebuah keluarga yang betul – betul sehat dan berkualitas.   

Untuk tahap awal Sekolah Keluarga ini akan diadakan pada satu Kelurahan dimasing – masing kecamatan. “gurunya berasal dari TP PKK, Psikolog, Kemenag, Pengadilan Agama, Kepolisian, Dinas – dinas terkait, LKAAM dan Bundo Kanduang”, ungkapnya.  (Ylm)

 

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI