Berita Kota Bukittinggi

Bulan Bakti Dasawisma dan BBGRM ke XVIII Tahun 2021 Dicanangkan di Bukittinggi




Bertempat di Balairung Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi, Wakil Gubernur Prov. Sumatera Barat, Audy Joinaldy, buka pencanangan Bulan Bakti Dasawisma dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBD & BBGRM) ke-18 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, hari ini, Jumat (05/03/2021). Ditunjuknya kota Bukittinggi selaku tuan rumah pencanangan BBD & BBGRM ke-18 Tahun 2021 karena kota Bukittinggi merupakan juara kelompok dasawisma terbaik tingkat provinsi Sumbar untuk kategori Kota tahun 2020 lalu melalui kelompok dasawisma Melati II Kelurahan Garegeh. 

Wako Erman Safar dalam sambutan ucapan selamat datang sampaikan harapan kegiatan pembinaan yang dilaksanakan oleh PKK dapat menyentuh kehidupan masyarakat, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. “Kondisi pandemi telah menimbulkan dampak terhadap perekonomian masyarakat. Hal ini tentu berpotensi meningkatan terjadinya permasalahan-permasalahan sosial di tengah masyarakat. Oleh karena itu, peran PKK diharapkan dapat meminimalisir potensi tersebut,” ujar Wako. Dalam laporannya, Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kota Bukittinggi selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Ny. Fiona Erman Safar, sebutkan perpaduan kekuatan masyarakat dengan pemerintah diyakini dapat menimbulkan dampak yang luar biasa terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat, terutama dalam pemberdayaan kelompok dasawisma di setiap kelurahan. “Kelompok dasawisma merupakan ujung tombak dari pelaksanaan 10 Program Pokok PKK. Apabila setiap kelompok dasawisma di kelurahan dapat diberdayakan, bersama dengan pemerintah, kami meyakini kualitas kehidupan masyarakat dapat meningkat,” sebutnya.     

Sementara itu, Ketua TP PKK Prov. Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi, dalam sambutannya sampaikan perlunya sinergitas program PKK di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota. Senada dengan Wako Erman Safar, Ny. Harneli harapkan program-program yang dilaksanakan oleh kelompok dasawisma betul-betul menyentuh kehidupan masyarakat, serta dapat meminimalisir permasalahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat seperti perceraian, pergaulan bebas dan lain-lainnya.    

Wagub Audy Joinaldy sebelum meresmikan pencanangan BBD & BBGRM ke-18, dalam sambutannya ingatkan kondisi pandemi Covid-19 belum usai. Ia mengharapkan para bupati dan wali kota di Sumatera Barat tidak lengah dalam melakukan 3 T, terutama dalam melakukan tes Covid-19 (testing) dan penelusuran (tracing). Lebih lanjut Wagub juga harapkan para bupati dan wali kota untuk menyukseskan program vaksinasi Covid-19 yang telah dicanangkan Pemerintah. “Berdasarkan survey yang dilakukan Pemerintah Pusat, provinsi Sumatera Barat termasuk daerah yang tingkat resistensi-nya tinggi terhadap pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Oleh karena itu, Saya mengharapkan para bupati dan wali kota agar menyosialisasikan program vaksinasi ini dengan baik kepada masyarakat agar penyebaran Covid-19 dapat diredam, ” ujar Wagub. 

Setelah membuka secara resmi acara pencanangan, Wagub serahkan secara simbolis peralatan gotong royong kepada LPM Kel. Garegeh, Bukittinggi. Selanjutnya Wagub juga serahkan penghargaan kepada kelompok dasawisma terbaik tingkat provinsi Sumatera Barat tahun 2021. Untuk kategori Kabupaten, kelompok dasawisma Sakura II Kab. Dharmasraya terpilih sebagai Juara I. Adapun untuk kategori Kota, kelompok dasawisma Melati 25 Kota Payakumbuh berhasil menyabet Juara I. Kota Bukittinggi yang diwakili oleh kelompok dasawisma Asoka II Kel. Pakan Labuah menempati peringkat Harapan II.

LINK DIREKTORI