Berita Kota Bukittinggi

BUKITTINGGI TUAN RUMAH, TP-PKK Bertekad Sukseskan Jambore Kader Berprestasi Sumbar 2017


Bukittinggi--Tim Penggerak (TP) PKK Kota Bukittinggi bersama OPD dan stakeholder terkait bertekad untuk menyukseskan pelaksanaan jambore kader PKK berprestasi tingkat Sumbar yang dihelat 17-20 Juli mendatang. Dukungan seluruh masyarakat dan warga juga sangat diharapkan, termasuk dalam memberikan pelayanan yang baik kepada para peserta yang berdatangan dari seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

Sedikitnya sekitar 600 peserta bakal meramaikan kotawisata pada perhelatan jambore yang diikuti para kader PKK tersebut. Pusat kegiatannya di Lapangan Wirabraja, terutama sekali meliputi enam jenis perlombaan. Demikian pula pameran aneka produk usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) utusan masing-masing daerah. “Jambore ini intinya merupakan evaluasi  dari sepuluh prpgram pokok PKK, sejauh mana TP PKK masing-masing daderah melaksanakan program itu di masyarakatnya,” ujar Ketua TP-PKK Yesi Endriani Ramlan dalam keterangan, Selasa (11/7). Jika evaluasinya masih perlu peningkatan, maka dilakukan edukasi, sehingga program tersebut lebih menyentuh di masa datang. Salah satu bentuk edukasi melalui jambore itu adalah perlombaan bermain peran yang materinya terkait sepuliuh program pokok PKK.  Khusus tuan rumah, menampilkan pengolahan sampah menjadi barang berguna.

Selain itu, jelas Yesi, jambore sekaligus sebagai ajang promosi produk UP2K  masing-masing daerah melalui pengisian stan pameran. “Tidak kalah pentingnya, jambore ini juga wahana silaturahmi antar semua kader PKK di daerah ini,” tuturnya yang didampingi Kepala Dinas P3A-PPKB, Tati Yasmarni. Terkait, pelaksanaan perlombaan dan pengisian stan pameran, kontingen Bukittinggi selaku tuan rumah sudah siap memberikan yang terbaik. Untuk perlombaan meliputi enam jenis itu, tuan rumah bakal diperkuat 21 kader. “Kita berupaya maksimal agar bisa tampil terbaik dan meraih prestasi gemilang,” ujar Yesi menambahkan.

Guna menyukseskan pelaksanaan jambore yang juga dihadiri menteri Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak Yohana Yembise itu, Yesi Endriani mengimbau seluruh warga Bukittinggi untuk memberikan dukungan. “Caranya, tunjukan keberadaan kita sesuai peran masing-masing, sehingga bisa menjadi tuan rumah yang baik,” imbuhnya. Para pelaku ekonomi di pasar, berikan layanan yang baik dengan orientasi harga standar. Demikian pula pelanayan di rumah makan, restoran dan fasilitas publik lainnya. Sebab, kehadiran ratusan peserta secara langsung juga bakal memberi kontribusi terhadap perekonomian masyarakat.

Selain aneka perlombaan, para peserta jambore juga akan difasilitasi oleh TP-PKK Kota Bukittinggi untuk menikmati keindahan tempat rekreasi melalui gerak jalan santai yang digelar pada 19 Juli. Sedangkan esok nya 20 Juli seluruh peserta mengikuti senam masal di jalan Sudirman.  Perlombaan meliputi yel-yel sepuluh program PKK, leaflet (dasawisma), asmaul husna, lomba stan UP2K dan lomba pemanfaatan limbah menjadi sesuatu yang berguna serta lomba bermain peran. Pelaksanaan pameran pada jamboree, sekaligus diharapkan sebagai hiburan segar bagi warga Bukittinggi dan sekitar. (wnd)

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI