Berita Kota Bukittinggi

Bukittinggi Peringati Hari Anak Nasional Tahun 2019




Pemerintah kota Bukittinggi menggelar peringatan Hari Anak Nasional tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Pustaka Bung Hatta, Selasa (08/10). Hari Anak Nasional tahun 2019 di kota Bukittinggi, diisi dengan berbagai pertunjukan dari para pelajar di kota Bukittinggi. Diantaranya, tari pasambahan, randai, Asmaul Husna, penyampaian suara anak dan berbagai pertunjukan lainnya.

Dalam penyampaian suara anak, Aya, perwakilan anak kota Bukittinggi, menyampaikan beberapa permintaan kepada berbagai pihak, terutama pada penguasa negeri. Mereka meminta untuk dibiarkan tumbuh berkembang sesuai usianya.

“Lindungi kami dari kejahatan teknologi, jamin kami dari sibuknya pembangunan negeri, jaminan yang dimaksud, seperti jaminan dari eksploitasi. Kami tak ingin tumbuh sendiri. Kami tidak ingin jatuh dan tak sanggup berdiri,” ungkapnya mewakili suara seluruh anak Indonesia, yang dilantunkan dengan sajak dan mengundang haru para tamu undangan.

Dalam aturannya, telah ditetapkan 10 hak anak sesuai konvensi Hak Anak PBB tahun 1989. Hak untuk bermain, hak untuk mendapat pendidikan, hak mendapat perlindungan, hak untuk mendapat nama (identitas), hak untuk mendapat status kebangsaan, hak untuk mendapat makanan, hak untuk mendapatkan akses kesehatan, hak untuk mendapat rekreasi, hak untuk mendapat kesamaan dan hak untuk memiliki peran dalam pembangunan.

Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengungkapkan kebanggaannya terhadap anak-anak kota Bukittinggi. Pertunjukan yang dipersembahkan pun turut diapresiasi oleh orang nomor satu di kota Bukittinggi itu. Bahkan, Ramlan mengaku terharu dengan penampilan dan apa yang mereka sampaikan.

“Anak-anak adalah tanggung jawab kita semua. Mari kita jadikan anak Indonesia khususnya anak Bukittinggi menjadi anak yang hebat. Kami dari pemko akan terus berupaya untuk mengantisipasi berbagai persoalan anak. Selamat hari anak nasional, semoga anak di Bukittinggi menjadi generasi yang berkualitas, berakhlak mulia dan menjadi pemimpin bamgsa di masa depan,” ungkap Ramlan.

Lebih lanjut, Wako juga menyampaikan bahwa Bukittinggi tahun 2020 mendatang, mendapat Dana Insentif Daerah (DID) dari pusat sebesar Rp 60 milyar lebih. Dana itu akan dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan termasuk pendidikan di Bukittinggi.

“Ini merupakan apresiasi dari pusat terhadap Bukittinggi yang peduli kepada masyarakat, di berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan dan kepedulian terhadap anak. Kita akan terus tingkatkan ini, berbagai fasilitas yang ramah anak akan terus ditambah. Apalagi saat ini kita sudah memiliki program sekolah keluarga, yang bertujuan untuk melahirkan keluarga berkualitas,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, juga diberikan sejumlah penghargaan kepada para pemenang dari berbagai lomba dalam rangka memperingati hari anak nasional. Para pengisi acara, juga diberikan penghargaan dari walikota, berupa beasiswa sebesar Rp 1 juta, untuk masing-masing nya. (Ylm)

 

LINK DIREKTORI