Berita Kota Bukittinggi

Bukittinggi Kembali Meraih Anugerah Adipura




Kota Bukittinggi kembali menerima penghargaan Adipura, masyarakat Bukittinggi patut berbangga, karena untuk ketiga kalinya secara berturut – turut Kota Bukittinggi mendapatkan supremasi tertinggi dibidang kebersihan tersebut. 

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menerima langsung piala Adipura yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dalam acara yang bertajuk ‘Anugerah Adipura dan Green Leadership’ bertempat di Auditorium Dr.Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Jl.Gatot Soebroto Jakarta, Senin (14/01)

Turut menghadiri penerimaan tersebut Ketua DPRD Kota Bukittinggi Benny Yusrial, Sekretaris Daerah Yuen Karnova, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Supadria, Ketua TP PKK Yesi Ramlan serta beberapa orang SKPD terkait.

Penetapan Kota Bukittinggi sebagai peraih anugerah Adipura ini oleh tim penilai Adipura dibawah koordinasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melalui proses yang sangat panjang. Sebelumnya tim telah melakukan sejumlah penilaian dengan sangat ketat, termasuk dengan melakukan peninjauan lapangan di Kota Bukittinggi.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, "Saya dilaporkan bahwa tahun ini kriteria untuk meraih anugerah Adipura telah diketatkan. Dan saya mendukung hal tersebut agar kondisi wilayah-wilayah kita di Indonesia ini menjadi semakin baik dari tahun ke tahun," ujarnya.

Sebagai contoh, lanjut Kalla, penilaian diberikan dalam hal implementasi atas amanat UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Dalam UU tersebut, setiap kabupaten/kota melakukan upaya dan hasil dalam memenuhi target nasional pengelolaan sampah, yaitu pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen pada 2025.

"Ke depan, saya minta untuk terus disempurnakan kebijakan dan Program Adipura terutama dalam mendorong pemerintah kota dan kabupaten dalam mencapai target pengelolaan sampah sebesar 100 persen pada tahun 2025”, ungkap Kalla.

Walikota Ramlan Nurmatias mengatakan, kembali untuk ketiga kalinya Bukittinggi meraih Adipura, ini adalah berkat keberhasilan jajarannya membenahi sistim persampahan, pengelolaan Bank sampah di Kelurahan dan penjemputan sampah di rumah warga serta partisipasi segenap warga untuk menjaga kebersihan.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur, diterimanya anugerah Adipura untuk ketiga kalinya, piala ini untuk tahun 2018 tetapi diterimanya tahun 2019.  Anugerah ini merupakan hasil kerja keras seluruh petugas kebersihan, jajaran pemerintahan dari Lurah hingga SKPD, RT/RW serta dukungan seluruh warga masyarakat kota Bukittinggi “, ujar Ramlan.

Disamping itu Ramlan juga berharap dengan diraihnya anugerah Adipura ini kiranya dapat menjadi motivasi bagi seluruh warga kota Bukitttinggi untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungannya.

Penghargaan Adipura ini merupakan bentuk kerjasama semua pihak yang peduli dan konsisten menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. “Kedepan bagaimana mengurangi sampah plastik, saat ini kita sedang mensosialisasikan agar anak – anak sekolah dan masyarakat untuk selalu membawa air minum dengan menggunakan tumbler pada setiap kesempatan guna menggantikan minuman kemasan yang biasa digunakan”, ungkapnya.

Sebagai wujud kegembiraan atas anugerah Adipura ini, akan dilakukan acara penyambutan yang diawali dari Jalan Sudirman depan SMA 2 kemudian diarak ke lapangan kantin untuk dilakukan prosesi penyambutan bersama tokoh masyarakat sebelum dilakukan kirab keliling kota oleh pasukan kuning dan seterusnya disemayamkan di Balaikota Gulai Bancah. (Ylm)

 

LINK DIREKTORI