Berita Kota Bukittinggi

Bukittinggi Juara 2 The Best Performance Peduli Wisata Award 2018




Bukittinggi Raih Juara 2 The Best Performance Peduli Wisata Award 2018. Anugerah Pariwisata itu diserahkan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit pada acara, Jamuan Makan Malam dan Seminar Nasional Pariwisata 4.o, Peluang dan Tantangan Untuk Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia, di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Sabtu malam (27/10).

Peduli Wisata Award 2018 adalah anugerah bagi daerah yang peduli dalam pembangun pariwisata di Sumbar dan terbagi dalam beberapa kategori.

Seminar ini juga dikaitkan dengan kegiatan menjelang 100 tahun Institut Teknologi Bandung (ITB) di Indonesia (1920-2020).

Hadir dalam kesempatan itu Deputi Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementrian Pariwisata RI, Rizky Handayani, Wakil Rektor ITB Dr. Miming Miharja, Ketua PPIB ITB Ridwan Jamaludin, Ceo SSP Holding Dewi Kam, Bupati /Walikota se Sumatera Barat, Tokoh Budaya Sumbar Dr. Moctar Naim serta beberapa orang para alumni ITB.

 Pemenang Kategori The Best Performance, Juara 1 Kota Padang, Juara 2 Kota Bukittinggi, juara 3 Kabupaten Tanah Datar. Pemenang kategori The Best Achieverment, juara 1 Kabupaten Limapuluh Kota, juara 2 Padang Pariaman, juara 3 Kabupaten Agam. Pemenang The Most Improved, juara 1 Kota Pariaman, juara 2 Kota Solok, juara 3 Kabupaten Solsel.

 Kategori penghargaan terbagi atas The Best Performance, untuk pemda dengan klester kawasan utama pariwisata provinsi (KUPP), The Best Achievement untuk pemda dengan klester kawasan strategis pariwisata provinsi (KSPP) dan The Most Improved untuk pemda dengan klester kawasan potensial pariwisata provinsi (KPPP).

 Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi saat menerima penghargaan itu mengatakan, anugerah Peduli Wisata Awards merupakan ajang penilaian bagi pemerintah daerah yang berprestasi dalam pengembangan pariwisata di daerahnya berdasarkan kategori wilayah masing-masing. Ini merupakan wujud ditetapkannya pariwisata sebagai sektor unggulan dalam pembangunan di Sumatera Barat dan adanya gerakan terpadu dari semua dinas/instansi di seluruh provinsi Sumbar serta seluruh Kabupaten/Kota dalam pengembangan pariwisata maka pada tahun 2018.

 Terpilihnya Bukittinggi sebagai Juara 2 Kategori The Best Performance untuk pemda dengan klester kawasan utama pariwisata provinsi (KUPP) itu menurut Irwandi tidak terlepas dari kerjasama semua pihak dalam aspek penilaian Peduli Wisata Awards ini. Seperti aspek tata pamong, aspek lingkungan pariwisata, aspek ekonomi pariwisata, aspek ekonomi kreatif, aspek pemasaran pariwisata dan aspek pemberdayaan masyarakat dibidang kepariwisataan.

 Irwandi berharap tahun selanjutnya Kota Bukittinggi bisa juara 1. “Bila semua pihak bersama pemda mendukung kegiatan ini dan berlomba menjadi yang terbaik maka pada akhirnya sektor pariwisata mampu menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah,” sebutnya. (Ylm)

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI