Berita Kota Bukittinggi

Bukittinggi Akan Bangun Mall




Guna mewujudkan pelayanan yang lebih baik khususnya pelayanan dokumen, pada tahun 2019 Pemerintah Kota Bukittnggi akan bangun Mall Pelayanan Publik. Sedangkan perencanaannya akan dimulai pada tahun 2018 ini. Dengan demikian warga tidak perlu ke berbagai instansi untuk mengurus satu keperluan tapi cukup disatu tempat pelayanan terpadu dimana semua pengurusan dokumen dilakukan di satu tempat dan kita berharap mengurus dokumen di pemerintahan bukanlah hal yang membosankan tetapi hal yang membuat senang.

Hal demikian disampaikan Walikota Ramlan Nurmatias sesaat setelah melakukan peninjauan ke Mall Pelayanan Publik (Public Service Hall) Kabupaten Banyuwangi, Kamis (12/4)   

“tujuan pembangunan mall tersebut adalah untuk memberikan kemudahan, kecepatan dan keterjangkauan bagi warga dan hal ini juga meningkatkan kinerja aparatur Pemko Bukittnggi  kepada masyarakat, dengan mall pelayanan publik pelayanan akan menjadi ringkas dan transparan, tidak ada pungutan yang tidak resmi, kalau ada yang memakai retribusi daerah, bisa langsung dibayar di loket bank yang disediakan,” Ujar Walikota Ramlan.

Kemudian dikatakan bahwa saat ini semua masyarakat inginkan kemudahan, kalau berurusan ingin cepat selesai dan tidak membuat ribet, mall pelayanan publik ini adalah solusinya. Mall ini nantinya juga akan dilengkapi dengan beragam fasilitas. Selain ada tempat bermain anak, pojok baca dan ruang konsultasi serta ruang lactasi juga ada pos pembinaan kesehatan terpadu yang menyediakan layanan tes dan konsultasi kesehatan gratis.

 “Lokasi yang kita rencanakan adalah memakai Balaikota lama yang saat ini ditempati oleh Badan Keuangan, dan Kantor Badan Keuangan dipindahkan ke kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu saat ini,“ katanya.

Ramlan juga menjelaskan, Mall Pelayanan Publik ini nantinya juga akan melayani berbagai jenis macam layanan, disamping 81 jenis layanan yag sudah dilayani saat ini oleh Dinas Penanaman Modal  dan Pelayanan Satu Pintu, proses integrasi sistem lainnya terus dilakukan sehingga jenis layananpun semakin meningkat. Di antaranya integrasi dengan sistem di kepolisian, keimigrasian, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, dan Kementerian Agama.

"Jadi nanti mengurus dokumen seperti yang berkaitan dengan kepolisian seperti SIM dan SKCK,  bayar pajak, mengurus surat-surat yang berkaitan dengan Kementerian Agama seperti surat nikah, dll. bisa dilayani disatu tempat," pungkasnya. (Ylm)

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI