Berita Kota Bukittinggi

BPR Jam Gadang Raih Top 100 BPR se Indonesia




BPR Jam Gadang kota Bukittinggi, kembali menorehkan prestasi. Secara dua tahun berturut-turut, BPR Jam Gadang memperoleh penghargaan Top 100 BPR se Indonesia. Penghargaan tersebut diterima oleh Drektur BPR Jam Gadang, Dewi Fitria, SE, di Jakarta, Jumat,(05/04) lalu.

Direktur Utama BPR Jam Gadang, Feri Irawan, saat ditemui di BPR Jam Gadang, Senin (08/04), menjelaskan, tahun 2019 ini, BPR Jam Gadang, kembali memperoleh penghargaan Top 100 BPR se Indonesia yang dikeluarkan majalah The Finance (Group Infobank). Pada tahun ini, BPR Jam Gadang naik kelas masuk Cluster BPR dgn asset Rp. 25 M s/d 100 M, dimana pada tahun 2018 lalu, BPR Jam Gadang meraih penghargaan Top 100 BPR masih berada pada cluster dgn asset dibawah Rp 25 M.

"Semenjak menjadi BUMD, BPR Jam Gadang telah dua tahun berturut-turut, memperoleh penghargaan Top 100. Hal ini tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi BPR Jam Gadang, karena penghargaan itu menjadi bukti semakin membaiknya pertumbuhan BPR Jam Gadang setelah menjadi BUMD kota Bukittinggi,” jelas Feri.

Lebih lanjut, Feri Irawan, menyampaikan, BPR Jam Gadang masuk Top 100 dari 1500 lebih BPR yang dinilai se Indonesia. Dimana yang dinilai itu tingkat kesehatan dari BPR Jam Gadang, terdiri dari, pertumbuhan aset, pertumbuhan laba, pertumbuhan kredit, dana pihak ketiga, pertumbuhan modal, Non Performing Loan (NPL) atau perbandingan kredit macet dan lancar dibawah 5%.

“Untuk BPR Jam Gadang sendiri, angka NPL kita saat ini 1%. Alhamdulillah kita aman untuk penilaian tersebut. Sementara itu, sampai saat ini, dana yang telah tersalurkan untuk kredit sebesar Rp 23 milyar lebih,” ungkapnya.

Feri juga merincikan, hungga 2019 ini, aset terakhir BPR Jam Gadang tercatat sebesar Rp 34 milyar dengan jumlah 19.000 nasabah. Dari jumlah itu, 1000 diantaranya merupakan nasabah kredit.

“Untuk kegiatan rutin harian, ada 1000 transaksi per hari, dimana 90 persen nya, dilakukan di lapangan secara door to door. Program door to door itu lah yang menjadi salah satu program unggulan BPR Jam Gadang saat ini,” ujarnya.

BPR Jam Gadang juga tidak lupa berterima kasih kepada pemerintah kota Bukittinggi yang telah menjadikan BPR Jam Gadang sebagai salah satu BUMD sekaligus memberikan penyertaan modal didalamnya.

“Terima kasih kepada Walikota, pemerintah kota, para Komisaris serta masyarakat Bukittinggi pada umumnya, yang telah memberikan kepercayaan kepada kami. Kedepan, BPR Jam Gadang akan terus berbenah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta berperan aktif dalam mendukung program pemko untuk meninngkatkan ekonomi masyarakat Bukittinggi,” tegasnya. (Ylm)

LINK DIREKTORI