Berita Kota Bukittinggi

Berkinerja Baik, SAKIP Pemko Bukittinggi Raih Predikat BB




Diawal tahun 2019 ini, kembali prestasi gemilang ditorehkan Pemerintah Kota Bukittinggi dengan diterimanya penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berupa hasil evaluasi Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 dengan predikat nilai “ BB ” atau kategori Sangat Baik.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin kepada Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias pada acara SAKIP Award 2018 bertemakan “Making Change, Making History” yang bertempat di Trans Hotel Bandung, Senin (28/1).

SAKIP dimandatkan melalui Undang-Undang nomor 47 / 2003 tentang Keuangan Negara dan secara eksplisit dilaksanakan melalui Peraturan Pemerintah  nomor 8 / 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah. Sistem itu lebih dikuatkan lagi melalui  Perpres nomor 29 / 2014 tentang SAKIP.

Melalui SAKIP, paradigma kinerja pemerintahan diubah, bukan lagi sekedar melaksanakan program kegiatan yang dianggarkan, tetapi melakukan cara yang paling efektif dan efisien untuk mencapai sasaran itu. SAKIP juga memastikan bahwa anggaran hanya digunakan untuk membiayai program / kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan. 

Selain itu, SAKIP juga memastikan penghematan anggaran melalui dihapusnya kegiatan yang tidak penting, yang tidak mendukung kinerja instansi pemerintah.

“Alhamdulillah, berdasarkan hasil evaluasi akuntabilitas dan kinerja tahun 2018 Kota Bukittinggi mendapat predikat BB atau Sangat Baik”, kata Walikota Ramlan.

Menurut Walikota, pada tahun 2016 nilai SAKIP Kota Bukittinggi berada pada posisi CC, dan pada tahun 2017 naik menjadi B, kemudian kami bertekad untuk memperbaiki nilai tersebut dengan melakukan konsultasi, mendatangkan fasilitiator dari Kementerian PAN RB dan melakukan perbaikan disana - sini serta dengan memperbaiki kinerja SKPD, dengan kerja keras yang dilakukan tersebut nilai SAKIP tahun 2018 dapat ditingkatkan menjadi BB,  ujarnya.

Walikota juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemko Bukittinggi, adanya peningkatan penilaian SAKIP yang berarti juga menunjukkan peningkatan kinerja di jajaran Pemerintah Daerah.

Dijelaskan, semua SKPD tidak lagi hanya berorientasi proyek, tetapi harus berorientasi kepada hasil dan manfaat kepada masyarakat. Atas pencapaian tersebut kedepan penerapan konsep efisiensi dalam pemerintahan harus terus dilakukan secara sistematik. Supaya prinsip efisiensi dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sesuai amanat peraturan perundang – undangan.

Ramlan menambahkan, dengan mendapatkan predikat BB ini Kota Bukittinggi tentunya nanti akan mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID), hal ini kiranya juga akan dapat memotivasi seluruh Aparatur Sipil Negara pada Pemko Bukittinggi untuk adaptif pada perubahan, untuk selalu bekerja keras, inovatif dan kreatif.   Dengan mendapat predikat BB ini harus menjadi motivasi Pemko Bukittnggi untuk mendapatkan predikat yang lebih baik lagi.

“tahun depan target kita adalah A yang berarti ukurannya tidak hanya kegiatan dan penyerapan anggaran saja terserap dengan baik, tetapi terasa dampaknya terhadap pembangunan dan pelayanan publik dalam rangka kesejahteraan masyarakat dengan anggaran yang efektif, efisien dan akuntabel”, pungkasnya.

Turut mendampingi Walikota pada penerimaan penghargaan tersebut Sekretaris Daerah Yuen Karnova, Inspektur Amri, Kaban.Bapelitbang Baharyadi, Kabag.Organisasi Albertiusman dan Kabid.Litbang Bapelitbang Nauli. (Ylm)

LINK DIREKTORI