Berita Kota Bukittinggi

Bantuan Langsung Tunai Kemensos Tahap IV-V Disalurkan




Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat kurang mampu. Bantuan tersebut merupakan bagian dari program jaring pengaman sosial (social safety net) yang diselenggarakan Pemerintah dalam upaya meringankan beban ekonomi masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19. Hari ini, Kamis (27/08), bertempat di Kantor Pos Kota Bukittinggi, Wali Kota Bukittinggi yang diwakili Kepala Dinas Sosial turut menyerahkan secara simbolis BLT tersebut kepada warga kota Bukittinggi yang terdata sebagai penerima.  


Dalam keterangannya, Kepala Kantor Pos Indonesia Kota Bukittinggi, Amri Zubir, menyebutkan Kantor Pos Kota Bukittingi telah menyalurkan BLT tersebut, yang merupakan tahap IV-V (Juli-Agustus), sejak tanggal 25 Agustus lalu. “Penyaluran hari ini merupakan hari terakhir. Sejak hari Selasa (25/08) BLT tahap IV-V telah disalurkan untuk warga penerima yang berdomisili di Kec.ABTB, sedangkan kemaren (25/06) untuk warga yang berdomisili di Kec.Guguk Panjang. Hari ini untuk warga di Kec.Mandiangin Koto Salayan,” ujarnya.       


Kepala Dinas Sosial, Linda Faroza, dalam sambutannya mewakili Wali Kota menyebutkan BLT pada tahap IV dan V ini secara nominal, jenis serta jumlah penerima mengalami perubahan. Hal ini berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Kemensos. “Jumlah penerima BLT tahap IV dan V ini berjumlah sebanyak 2.209 KPM (keluarga penerima manfaat) sementara sebanyak 147 KPM menerima bantuan dalam bentuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),” ujarnya. “BLT kali ini secara nominal juga mengalami penurunan, dimana sebelumnya sebesar Rp600 ribu/bulan/KPM menjadi Rp300 ribu/bulan/KPM yang Insyaallah diberikan sampai bulan Desember nanti,” sambungnya lagi. Adapun KPM yang menerima BPNT, bantuan diberikan berupa bahan pangan dengan nilai Rp200 ribu/bulan/KPM yang disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia. 


“Sesuai dengan pesan Bapak Wali Kota, beliau mengharapkan agar BLT yang diterima oleh KPM benar-benar dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan pokok bukan untuk keperluan lainnya,” sebut Linda mengakhiri sambutannya. Linda juga tidak lupa menghimbau masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas demi meminimalisir penyebaran Covid-19.

LINK DIREKTORI