Berita Kota Bukittinggi

Bangunan Baru Puskesmas Tigo Baleh dan Dua Kantor Lurah Diresmikan




Setelah tertunda beberapa waktu dikarenakan kondisi pandemi Covid-19, bangunan baru Puskesmas Tigo Baleh, kantor Lurah Pakan Labuah dan kantor Lurah Kayu Kubu akhirnya diresmikan Wali Kota M.Ramlan Nurmatias, Senin (13/07/2020). Turut hadir dalam acara persemian tersebut Wakil Wali Kota Irwandi, Sekda Yuen Karnova, unsur Forkopimda, Kepala SKPD, Camat dan Lurah, tokoh masyarakat serta stake holder lainnya. 


Proses pembangunan puskesmas serta 2 (dua) kantor lurah tersebut telah dimulai sejak tahun 2018. Dibangun dengan arsitektur modern dengan perpaduan ciri khas Minang (gonjong), pembangunan ketiga bangunan tersebut menelan biaya sekitar Rp15 milyar.   


Dalam sambutannya, Wako Ramlan sebutkan ketiga bangunan yang diresmikan tersebut sebagai bentuk pelayanan Pemerintah Kota Bukittinggi kepada masyarakat. Wako juga sampaikan bahwa dalam tahun ini Pemko akan melaksanakan pembangunan kantor Lurah Ladang Cakiah. Disamping itu, Wako Ramlan juga mengharapkan kantor Lurah Kubu Tanjuang yang baru juga dapat dibangun mengingat kondisinya yang dipandang sudah tidak memadai lagi untuk menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat, serta lokasi kantor lurah tersebut yang saat ini berada di wilayah Kab.Agam. Namun keinginan tersebut masih belum terwujud dikarenakan ketiadaan lahan. Oleh karena itu Wako menghimbau seraya berharap warga masyarakat bersedia membantu dengan menjual tanahnya kepada Pemerintah Kota untuk mewujudkan rencana dimaksud.   


Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan serah terima hibah tanah beserta bangunan eks Puskesmas Tigo Baleh dari Pemko Bukittinggi kepada masyarakat Tigo Baleh. “Dari dokumen yang ada, tanah Puskesmas Tigo Baleh yang lama merupakan hibah dari masyarakat Tigo Baleh kepada pemerintah kota. Oleh karena itu, dengan telah selesainya pembangunan Puskesmas Tigo Baleh yang baru ini, pemerintah kota menghibahkan kembali tanah tersebut beserta bangunan yang ada di atasnya kepada masyarakat Tigo Baleh agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” ujar Wako. 


Bangunan baru Puskesmas Tigo Baleh terdiri dari 3 (tiga) lantai serta dilengkapi dengan fasilitas IGD (Instalasi Gawat Darurat), tiga Poli Pelayanan Kesehatan (umum, kesehatan ibu & anak, gigi) dan laboratorium. Puskesmas tersebut juga telah mendapatkan akreditasi Madya.

LINK DIREKTORI