Berita Kota Bukittinggi

ASN Balaikota Semarakkan Ramadhan Dengan Zuhur Berjamaah dan Kultum


Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Kantor Balaikota Bukittinggi selama bulan Ramadhan selain melaksanakan tugas pokoknya sebagai abdi negara juga mengisi dan menyemarakkan Ramadhan yang penuh berkah dengan kegiatan ibadah. Dengan melaksanakan sholat Zuhur berjamaah dan Kuliah tujuh menit (Kultum) yang dikoordinir oleh Korpri Dewan Pengurus Kota Bukittinggi di Mushallah Jabbal Ilmi yang terletak dilingkungan kantor Balaikota dan diawali pada Kamis (17/5).

Kultum yang dilaksanakan setelah sholat zuhur berjamaah diikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati dengan penceramah secara bergantian yang diawali oleh Walikota, Wakil Walikota, Sekretaris Daerah, Asisten dan Kepala SKPD. Pada hari pertama puasa tampil sebagai penceramah Asisten Ekonomi Pembangunan Ismail Johar karena Walikota sedang berada diluar kantor.

Dalam ceramah singkatnya Ismail mengatakan bahwa puasa adalah beribadah kepada Allah subahanahu wata’ala dengan cara menahan diri dari makan, minum dan dari segala yang membatalkannya, sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Untuk itu yang harus diwaspadai yakni hal yang akan mencuri puasa kita seperti acara di televisi, ketika sahur banyak acaranya yang tidak bermanfaat dan tidak perlu ditonton, seharusnya dari sahur kita sudah mulai beribadah, lakukan macam -  macam sunnah yang dapat kita lakukan. Kemudian sebarkan kebaikan kepada orang lain dan  jangan lupa pelihara tujuan puasa.

Disamping itu Ismail juga mengatakan apabila berbuka sebaiknya dengan buah kalau tidak ada kurma dengan pisang sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah, ujarnya.   

Zuhur berjamaah dan kultum yang merupakan tambahan ilmu keagamaan bagi ASN selain diikuti oleh  ASN yang ada di lingkungan Kantor Balaikota juga diikuti oleh masyarakat yang kebetulan ada berurusan di kantor Balaikota saat bertepatan dengan masuknya waktu sholat zuhur. Pada kegiatan tersebut pengurus Korpri juga mengumpulkan infak, wakaf dan sedekah. (Ylm)

 

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI