Berita Kota Bukittinggi

50 Aparatur Kota Bukittinggi Ikuti Bimtek Pengadaan Barang/Jasa




Pemerintah Kota Bukittinggi bekerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) menggelar Bimbingan Teknis Pengadaan Barang dan Jasa . Berlangsung di Ruang Seminar PPBH, Bimtek diikuti 50 aparatur di lingkungan Pemko Bukittinggi yang terkait dengan Pengadaan Barang dan Jasa. Pelatihan dibuka secara resmi Sekda, Yuen Karnova,SE., Kamis (10/08).

Kepala Bagian Pembangunan Surya Agusta mengatakan, ASN yang terkait itu seperti Pengguna Anggaran, Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Pengadaan, Pokja ULP yang aktif dalam Pengadaan Barang dan Jasa. Tujuannya untuk mewujudkan proses Pengadaan Barang/ Jasa yang sesuai dengan prinsip pengadaan sekaligus penguatan kemampuan aparatur.

Lontong Sinambela Kepala Seksi Wilayah Sumatera Bagian Utara LKPP RI mengatakan Bimbingan Teknis bagi Aparatur terkait Pengadaan Barang/ Jasa sangat penting. Karena apapun yang diprogram kan oleh LKPP jika tidak diimplementasikan di daerah maka hasilnya tidak akan maksimal. Bimtek hari ini akan berjalan lewat komunikasi dua arah. Tujuannya mencari solusi terhadap masalah yang terjadi. Lintong berharap, setelah mengikuti bimtek ini, peserta dapat membagikan informasi dan ilmunya kepada sesama Aparatur sehingga lebih mampu mengadakan Pengadaan Barang/ Jasa.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi Yuen Karnova mengatakan pelaksana Pengadaan Barang/ Jasa harus tau betul apa yang dikerjakannya. Untuk itu harus dibekali dengan ilmu dan pengetahuan yang tepat dan jelas. Agar pekerjaan dapat terlaksana sesuai aturan dan tidak bermasalah. Pelaksana PBJ harus memahami aturan pengadaan dengan benar. Tugas kita sebagai aparatur, melindungi kepentingan daerah. Untuk itu Yuen berharap aparatur pun mampu melindungi diri dengan regulasi yang ada, jangan menyimpang. Termasuk memperhitungkan proyek agar tepat waktu, tepat guna dan tepat jumlah. Tak lupa perhatikan betul penawaran yang masuk. Jika memang tidak masuk akal, jangan diteruskan. Sehingga Pengadaan Barang dan Jasa berjalan Responsibilitas.

Selama dua hari, peserta dibekali empat materi yang padat. Seperti Permasalahan dalam proses evaluasi pemilihan penyedia, Pelaksanaan e-purchasing, Penetapan Spesifikasi Teknis, HPS dan Dokumen Pengadaan dan Permasalahan Hukum dalam Pengadaan Barang/ Jasa. Sementara narasumber dari LKPP yaitu Lintong Sinambela dan Ranto. (fika)

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI