Berita Kota Bukittinggi

24 Pramuka Penegak dan Pandega Kwarcab Bukittinggi Ikuti Raimuna Nasional




24 orang Pramuka Penegak dan Pandega dari Kwartir Cabang XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi dikirim mengikuti Raimuna Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta. Raimuna Nasional berlangsung pada 13 s/d 21 Agustus 2017. Rombongan dilepas Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias pada Selasa (08/08) di Ruang Rapat Utama.

Ketua rombongan Drs. H. Salman, MH mengatakan sebelum terpilih 24 orang, dilaksanakan seleksi calon peserta pada 12 s/d 14 April 2017 dengan jumlah peserta 40 orang Pramuka Penegak dan Pandega. Tes meliputi  Teori dan Praktek Teknik Kepramukaan, wawancara dan pemeriksaan kesehatan dengan dokter yang ditunjuk dari Kwartir Cabang. Akhirnya terpilih 24 orang Pramuka Penegak dan Pandega yang terdiri dari SMAN I 4 orang, SMAN 2 2 orang, SMAN 3 3 orang, SMAN 4 1 orang, SMAN 5 3 orang, SMKN 1 1 orang, SMKN 2 1 orang, MAN 1 4 orang, MAN 2 1 orang dan dari IAIN 4 orang.

Lebih lanjut Salman mengatakan pembekalan peserta Raimuna NAsional XI telah dilaksanakan sebanyak 6 kali latihan. Dimulai pada tanggal 21 Mei s/d 30 Juli 2017 setiap hari Minggu di Kantor Kwartir Cabang XIII Gerakan Pramuka Kota Bukittinggi. Peserta Raimuna nasional diikuti 34 Kwartir Daerah, 548 Kwartir Cabang se Indonesia dan Pramuka Luar Negeri dengan jumlah peserta sebanyak + 35.000 orang. Kontingen dari Kwarcab XIII Kota Bukittinggi akan berangkat 38 orang terdiri dari Pramuka penegak/ pandega 24 orang, pelatih 7 orang, secretariat 2 orang dan perlengkapan 5 orang.

Pemberangkatan tanggal 9 Agustus 2017 dan kembali tanggal 23 Agustus 2017 dengan menggunakan Bus NPM. Kegiatan yang diikuti seperti kegiatan umum, perkemahan diikuti dengan tantangan, kampung pengembangan global, anjungan saka, teknologi, seni dan budaya, penjelajahan, tour edukasi dan wawasan. Kegiatan khusus seperti mural nusantara, malam selamat datang, gapura nusantara, festifal hari pramuka ke 56, karnaval budaya, festival hari kemerdekaan ri ke 72, malam refleksi kebangsaan, doa lintas agama, tertemuan pramuka garuda Indonesia, festival kuliner nusantara dan upacara penutupan dan api unggun.

Wako Ramlan Nurmatias dalam amanatnya mengatakan Pramuka adalah perpanjangan tangan daiu Pemko sebagai media informasi bagi kawan kawan sekitar atas ilmu dan informasi yang diperoleh. Ramlan bangga sekali ada kontingen Bukittinggi ikut Raimuna Nasional. Raimuna Nasional menurut Ramlan adalah pertemuan pusat dan momen untuk melihat potensi, kelebihan dan kekurangan diri.

Lebih lanjut Ramlan mengatakan Pramuka adalah harapan bangsa. Nampakkan hasil didikan pelatih. hasilnya. Tunjukkan ketaqwaan kepada Tuhan, nampakkan rasa kepemimpinan dan gotong royong. Apalagi Pramuka bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Harus siap menjadi seorang pemimpin. Kembangkan potensi diri. Bentengi diri kita. Sebagai orang Minang Pramuka laki-laki harus menjaga dan menghargai perempuan. Tunjukkan sopan santun danbtegur sapa Kuta sebagai wujud kita wisata kita. Jaga kekompakan. Kepada orang tua, RAmlan berterima kasih atas izin yang telah diberikan demi pengembangan diri dan karakter anak kita. Ramlan pun berharap kontingen dapat meraih hasil terbaik dalam kegiatan yang dilaksanakan. (fika)

  • 21-12-2016

    Kegiatan Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke-232

LINK DIREKTORI