Berita Kota Bukittinggi

2.348 KPM di Bukittinggi Terima Bantuan Sosial Tunai Kemensos RI


Bantuan Sosial (Bansos) Tunai dari Kementerian Sosial RI untuk warga kota Bukittinggi hari ini, Selasa (19/05), mulai disalurkan di kantor Pos Kota Bukittinggi, jalan Sudirman.  Wali Kota M.Ramlan Nurmatias berkesempatan menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis kepada warga yang terdata sebagai penerima. 


Dalam sambutannya Wako Ramlan menyampaikan jumlah warga kota Bukittinggi yang menerima Bansos Tunai tersebut sebanyak 2.348 keluarga penerima manfaat (KPM). Ia juga menjelaskan bahwa warga yang terdata sebagai penerima Bansos Tunai ini tidak lagi menerima bantuan langsung tunai dari Pemprov.Sumbar nantinya maupun bantuan bahan pangan dari Pemko. Hal ini untuk menghindari terjadinya duplikasi penerima bantuan, disamping juga terdapat perbedaan kriteria penerima dari masing-masing bantuan tersebut.


Lebih lanjut, dalam sambutannya Wako Ramlan juga menyampaikan agar warga bersabar dalam menjalani masa pandemi Covid-19 serta senantiasa menjalankan upaya pencegahan sesuai protokol kesehatan. “Virus ini belum ada obatnya. Oleh karena itu upaya pencegahan merupakan hal yang dapat kita lakukan saat ini,” ujarnya.   


Sementara itu dalam keterangannya, Kepala Regional II PT.Pos Indonesia Wilayah Sumbar-Riau-Kepri, Wendi Bermana, menyampaikan bahwa Bansos Tunai untuk warga kota Bukittinggi baru disalurkan hari ini dikarenakan menunggu proses verifikasi data. “Alhamdulillah, berkat kerjasama dari Dinas Sosial Kota Bukittinggi, verifikasi data penerima selesai dilakukan, sehingga bantuan ini dapat disalurkan menjelang lebaran sesuai dengan pesan Bapak Presiden pada berbagai kesempatan,” ujarnya. “Disamping itu juga ada hikmahnya, kami dapat mempersiapkan kegiatan penyaluran bantuan ini sebaik mungkin dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sehingga kemungkinan terjadinya kerumunan masyarakat seperti yang terjadi di daerah lain dapat dihindari,” pungkasnya. “Untuk menghindari terjadinya kerumunan dimaksud, kami juga membagi waktu penyaluran bantuan berdasarkan kecamatan dengan jam yang berbeda untuk tiap-tiap kelurahan.” tutupnya.      


Dana bantuan sosial tunai Kemensos yang disalurkan untuk warga kota Bukittinggi tersebut sebesar Rp 1,4 miliar. Kecamatan Guguk Panjang merupakan kecamatan dengan jumlah penerima bantuan terbanyak, yakni sebanyak 1.012 KPM, sementara kecamatan Mandiangin Kota Salayan sebanyak 912 KPM dan kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh sebanyak 424 KPM. Penyaluran bantuan dilakukan dari tanggal 19 s.d. 21 Mei 2020. Bantuan sosial tunai dari Kementerian Sosial merupakan salah satu jaring pengaman sosial yang disiapkan oleh pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19 untuk masyarakat yang terdampak.

LINK DIREKTORI